Home » » Melalui Seminar Teknologi Pertahanan, Diharapkan Lulusan Unhan Mampu Mengemban Misi Membangun Industri Pertahanan

Melalui Seminar Teknologi Pertahanan, Diharapkan Lulusan Unhan Mampu Mengemban Misi Membangun Industri Pertahanan

Written By portal komando on 14 Des 2017 | 8:20 AM


Bogor,PK-Sudah seyogyanya sumber daya nasional yang terdiri atas sumber daya manusua, sumber daya alam, dan sumber daya buatan dikelola dengan perencanaan sinergitas untuk membangun industri pertahanan nasional. 
Demikian disampaikan Rektor Universitas Pertahanan (Unhan), Letjen TNI Dr. I Wayan Midhio, M.Phil yang menjadi keynote speaker dalam seminar nasional bersama Pusat Teknologi dan Keamanan Institut Teknologi Bandung (ITB) di Auditorium Unhan, Kawasan IPSC, Sentul, Jawa Barat pada Selasa (13/12). "Kebijakan pembangunan industri pertahanan diarahkan untuk mewujudkan industri pertahanan yang kuat, mandiri dan berdaya saing yang dapat mendukung pertahanan dan keamanan negara serta mendukung ekonomi nasional" paparnya. 

Dalam seminar yang diselenggarakan Fakultas Teknologi Pertahanan Unhan dengan tema "Sinergi Sumber Daya Nasional Untuk Membangun Kemandirian Teknologi dan Industri Pertahanan Dalam Rangka Meningkatkan Pertahanan Negara" tersebut, dirinya menyampaikan bahwa dalam membangun industri pertahanan melalui proses kerjasama atau sinergitas antara Unhan sebagai akademisi dengan BUMN Strategis seperti PT.Pindad, LEN, PT.INTI, PT DI serta PT Dhana.

"Kita telah melaksanakan penandatanganan kerjasama antara rektor unhan dan BUMN Strategis tersebut" kata I Wayan kepada awak media. 

Saat ini, kata Dia, Unhan memiliki tiga program studi yang diikembangkan, yakni Program Studi Penginderaan, Program Studi Persenjataan dan Program Studi Daya Gerak untuk dapat melakukan transfer of technokogy dalam merancang bangun sebuah produk pertahanan. "Diharpkan mahasiswa magister program studi tersebut dapat merancang bangun teknoogi pertahanan dan dapat bekerjasama dengan infustri itu sendiri" tuturnya. 

Sebagaimana permintaan dari Kementerian Pendidikan Tinggi bahwa Unhan adalah universitas research berbasis research social menjadi berbasis teknologi, Rektor Unhan menjawab pada tahun 2018-2019 akan sudah terbentuk. "Tentu kita bekerja keras untuk membuat kurikukumnya, membuat seminar, workshop dengan mengundang ITB, ITS serta BUMN" imbuh I Wayan. 

Melalui seminar tersebut, Rektor berharap mahasiswa menjadi lukusan yang mengemban misi membangun industri pertahanan. "Jika mereka memiliki kemampuan bisa ditempatkan di BUMN Strategis karena masih sangat membutuhkan lulusan S2 dan S3" pungkasnya.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando