Home » » Pasiter Kodim Jayawijaya Beri Motivasi Anak Putus Sekolah Di Rumah Belajar Wamena

Pasiter Kodim Jayawijaya Beri Motivasi Anak Putus Sekolah Di Rumah Belajar Wamena

Written By portal komando on 6 Des 2017 | 6:42 PM


Wamena - Pendidikan merupakan aspek yang paling penting untuk membangun kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Tidak hanya sekolah formal, non formal pun harus dikembangkan untuk membangun karakter. Salah satunya adalah rumah belajar wamena, di Wamena ibu kota Kabupaten Jayawijaya. Rumah belajar tersebut merupakan tempat belajar anak-anak yang kebanyakan dari mereka putus sekolah. Ada sekitar 30 orang lebih anak yang memanfaatkan rumah belajar tersebut.


Melihat begitu banyaknya anak putus sekolah tersebut, Kodim Jayawijaya melalui Perwira Seksi Teritorial Kapten Inf Afandi, melaksanakan kunjungan dengan tujuan memberi motivasi dan memberikan pembekalan wawasan kebangsaan kepada mereka. Pada Rabu 06-12-2017

Dalam kunjungannya, Kapten Inf Afandi saling membaur bersama anak-anak yang sedang belajar dan berdiskusi dengan mereka. “Pada dasarnya mereka sangat semangat belajar, saya lihat sendiri, mereka sangat antusias, namun memang dengan bermacam kondisi keluarga mereka, ada yang tidak mampu secara ekonomi, ataupun ada masalah keluarga lain yang membuat mereka harus putus sekolah", ujarnya.

Lebih lanjut, pihaknya menyampaikan akan memerintahkan Babinsa untuk membantu sebagai tenaga mengajar secara sukarela dengan memberikan pembelajaran yang tidak monoton sehingga motivasi dan keinginan belajar mereka tidak menurun. Seperti melakukan pembelajaran bukan hanya di dalam ruangan secara terus menurus akan tetapi dapat dilakukan di luar rungan seperti games.

Pihaknya berpesan, agar anak-anak putus sekolah ini terus belajar dan berlatih keterampilan sesuai bakat masing-masing sehingga mampu menjadi generasi penerus bangsa meski tidak harus mengecap pendidikan secara formal.

Sementara itu, Anggi Mustika, anggota pengelola Rumah Belajar Wamena, menyampaikan terima kasih atas kunjungan dari Kodim Jayawijaya dan telah memberikan bantuan berupa buku bacaan dan memberikan motivasi kepada anak-anak putus sekolah ini.

"Kami para relawan guru rumah belajar wamena yang sudah berdiri sejak tahun 2012 ini, akan terus berjuang merekrut setiap anak bangsa khususnya mereka yang putus sekolah untuk lebih giat belajar guna memiliki kemampuan dan SDM yang dibutuhkan masyarakat, lingkungan, bangsa dan negara", ungkapnya. Terkait dengan bantuan tenaga pengajar dari Babinsa, pihaknya sangat mengapresiasi hal tersebut, sebab tentunya pembelajaran di rumah belajar wamena ini akan semakin bervariasi. Dan jelas akan berpengaruh besar terhadap keinginan dan motivasi belajar para anak didik di sini.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando