Home » » Pasukan Reaksi Cepat Western Fleet Quick Response Lantamal XII Perkuat Jalur Pengamaman Laut Kalbar

Pasukan Reaksi Cepat Western Fleet Quick Response Lantamal XII Perkuat Jalur Pengamaman Laut Kalbar

Written By portal komando on 28 Des 2017 | 1:23 PM


PK,.Pontianak, 28 Desember 2017,- Dalam rangka menjalankan tugas pokok TNI Angkatan Laut dibidang pertahanan, serta menegakan hukum dan menjaga keamanan wilayah laut yuridiksi nasional tim Western Fleet Quick Response Lantamal XII Pontianak memperkuat dukungan pengamanan unsur laut dalam rangka kunjungan kerja Presiden Republik Indonesia (RI) Bapak Ir. H. Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo dalam menghadiri Natal Nasional di Kota Pontianak Kalimantan Barat.



WFQR adalah pasukan yang melaksanakan operasi penindakan insiden laut di wilayah kerja Lantamal XII secara cepat, untuk mengamankan kunjungan orang nomor 1 di Indonesia itu, TNI Angkatan Laut khususnya Satuan Keamanan Laut (Satkamla) Lantamal XII menyiapkan tim reaksi cepat WFQR dengan menyiapkan Kapal yang dimiliki oleh Lantamal XII diantaranya: Patkamla Kapal Motor Cepat (KMC) dan Patkamla Sea Reader II-12-30, Patkamla Pulau Selimpai 11-12-16 dan Kapal Lemukutan 11-12-15 yang merupakan buatan anak bangsa, dari Tesco Indomaritim dengan spesifikasi kapal, memiliki panjang 28 meter, lebar 5,85 meter, kecepatan maksimum 28 knot, daya tahan hingga 648 Nm (36 jam pada kecepatan 18 knot) akan sangat mudah bergerak cepat mengejar dan menghalau musuh di sekitaran perairan wilayah operasi Lantamal XII Pontianak dengan diawaki oleh 15 personil ABK yang dikomandani oleh Kapten Laut (P) Darmansyah.

Keberadaan tim WFQR telah banyak membantu dalam menekan tingkat pelanggaran yang ada di laut, seperti di Selat Malaka, Selat Philips dan Laut Cina Selatan khususnya di perairan Kalimantan Barat. 
Dalam melaksanakan tugasnya, tim WFQR dapat menjaga stabilitas keamanan, sehingga berdampak pada menurunnya tindak kejahatan seperti perompakan dan penyelundupan,Ujar Kadispen Lantamal XII Pontianak Mayor Laut ( E) Irawan T.B .

Lebih lanjut, pada pelaksanaan pengamanan laut dalam mengamankan kunjungan orang nomor 1 di Indonesia itu dibantu oleh KRI Todak-631 yang merupakan salah satu unsur Satuan Kapal Cepat Komando Armada RI Kawasan Barat (Satkat Koarmabar) dengan spesifikasi kapal KRI Todak – 631 berukuran 57 meter (FPB 57 Nav 5) yang dilengkapi meriam 57mm MK2 di haluan dan meriam 40mm SAK 40/70 A di Buritan. Selain itu kapal cepat buatan PT PAL ini juga memiliki dua senjata mesin di bagian belakang 20mm MK 20 RH 202, pada saat ini KRI Todak – 631 sandar di Dermaga Dwikora Pontianak Kalimantan Barat.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando