Home » » Peringati Hari Juang Kartika Madivif 2 Kostrad Adakan Donor Darah

Peringati Hari Juang Kartika Madivif 2 Kostrad Adakan Donor Darah

Written By portal komando on 16 Des 2017 | 5:45 PM


PK,.MALANG,.(Penkostrad. Sabtu, 16 Desember 2017). Dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika, Satuan dalam Divif 2 Kostrad yang terdiri dari Denhub, Denpal, Ajen dan Denma Divif 2 Kostrad melaksanakan kegiatan donor darah. Kegiatan donor darah berlangsung di Barak Siaga Madivif 2 Kostrad Singosari, Malang. Selasa (12/12).

 
Donor darah merupakan suatu kegiatan sosial kemanusiaan dimana antara yang mendonorkan dan yang mendapat donor sama-sama mendapatkan faedah. Kelebihan kandungan darah akan mengakibatkan berbagai masalah bagi kesehatan sehinggga untuk menetralisir hal tersebut tentunya kita perlu cari jalan keluar, diantaranya donor darah. Sedangkan untuk penderita yang membutuhkan darah hal tersebut sangat diperlukan untuk kesembuhannya dan pada akhirnya antara pendonor dengan yang menerima donor saling ada keterkaitan.

Peserta donor darah yang hadir sebanyak 200 orang prajurit dari Satuan dalam Divif 2 Kostrad, acara donor darah ini berlangsung dari pukul 07.00-10.00 WIB. Hal ini merupakan kontribusi nyata TNI dalam mendukung ketersediaan kantung darah di Bank darah khususnya Kabupaten/Kota Malang.

Menurut data yang ada di PMI Kabupataen/Kota Malang stok kantong darah mengalami penyusutan yang sangat drastis, sehingga untuk mengamankan jumlah stok kantong darah dalam batas aman dibutuhkan pendonor darah yang siap dan sukarela memberikan setetes darahnya bagi kemanusiaan.

Komandan Detasemen Markas Letkol Inf Arif Kurniawan menjelaskan, “Dengan adanya donor darah, diharapkan dapat membantu mengatasi kekurangan persediaan darah di rumah sakit maupun di Palang Merah Indonesia (PMI) khususnya di Kota/Kabupaten Malang”.

“Darah yang kita berikan, sangat berarti bagi kelangsungan hidup orang lain. Selain itu, donor darah juga tidak hanya memberikan manfaat bagi penerima donor saja, namun juga kepada pendonor itu sendiri, yaitu penyegaran sirkulasi darah agar lebih sehat”, jelas Arif.

“Setetes darah sehat laksana setetes air kehidupan yang mampu menyelamatkan orang lain. Setetes darah yang disumbangkan akan sangat berarti bagi kondisi kesehatan seorang pasien yang membutuhkan bantuan darah untuk keperluan pengobatan”, imbuhnya.

Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando