Home » » Rumkit dr. M. Hassan Toto Lanud Ats Gelar Simposium Kesehatan

Rumkit dr. M. Hassan Toto Lanud Ats Gelar Simposium Kesehatan

Written By portal komando on 22 Des 2017 | 11:57 AM


Keterangan gambar: Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 3/Daerah I Lanud Ats, Ny. Wati Irwan Is. Dunggio, menyerahkan tanda ucapan terima kasih kepada Narasumber., insert Suasana pelaksanaan Simposium, Kamis (21/12).
Lanud Atang Sendjaja, Kamis (21/12)Dalam rangka menyambut Hari Ibu ke 89 tahun 2017 dan Hari Ulang Tahun (HUT) RSAU Hassan Toto Lanud Ats, maka RSAU Hassan Toto Lanud Ats menyelenggarakan Simposium Mini dengan tema “Peranan Kesehatan Keluarga Untuk Menghadapi Epidemi TB-HIV di Indonesia Dalam Rangka Hari Ibu dan HIV Se Dunia”, bertempat di aula RSAU Hasan Toto, dihadiri oleh anggota Lanud Ats, Wingdikum, Kompi C. Paskhas dan ibu-ibu PIA Ardhya Garini Cabang 3/Daerah I Lanud Ats.


Dalam sambutannya, Kepala RSAU Hassan Toto Lanud Ats, Letkol Kes dr. Ngudiarto, mengatakan bahwa simposium kesehatan ini sangat penting. “Kami ingin mengajak ibu-ibu sebagai garda utama keluarga untuk menyadari peran sertanya dalam menghadapi dua masalah utama penyakit infeksi di Indonesia, yaitu Tuberkolosis dan HIV AIDS”, jelas Kepala RSAU Hassan Toto Lanud Ats.

Simposium Mini ini menghadirkan tiga narasumber yang merupakan pakar-pakar kesehatan sesuai bidangnya, dengan harapan dapat menambah wawasan bagi peserta simposium untuk menjaga dan memelihara kesehatannya dan keluarga.

Letkol Kes Dr. Flora Eka Sari, Sp.P, menyampaikan materi tentang Permasalahan TB-HIV di Indonesia dan Ada Apa Dengan Rokok. Inti dari penyampaian materinya adalah tentang apa saja gejala penyakit TB aktif, kapan infeksi TB menjadi penyakit dan bagaimana menghindari diri agar tidak terkena infeksi TB. Terkait dengan rokok, diungkapkan tentang apa hasil negatif dan bahaya dari rokok serta bagaimana cara mengatasi remaja yang merokok.

Narasumber kedua, Ibu Rinarti SKM., M.Kes, menyampaikan materi tentang Kesehatan Reproduksi Wanita Mendukung Ketahanan Keluarga. Salah satu hal yang disampaikan adalah bagaimana menjaga kesehatan reproduksi wanita. Beberapa cara disampaikan, yaitu menjalani gaya hidup yang sehat, tidak merokok dan tidak mengkonsumsi alkohol serta makan makanan yang bergizi.

Narasumber lainnya adalah Dra. Ratu Adhe Wazna Sofwat, M.Psi, Psi., menyampaikan materi tentang Peran dan Dukungan Keluarga Dalam Mengurangi Beban TB-HIV di Indonesia. Salah satu inti materi yang disampaikan adalah peran keluarga. “Bahwa keluarga harus memberikan suport agar sembuh, menghibur, menjaga agar taat untuk minum obat atau melakukan terapi, serta berupaya menjaga agar tidak sakit,” jelas Dra. Ratu Adhe Wazna Sofwat, M.Psi, Psi.

Diakhir pelaksanaan simposium, Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 3/Daerah I Lanud Ats, Ny. Wati Irwan Is. Dunggio memberikan ucapan terima kasih kepada para narasumber.

Hadir dalam kegiatan seminar, Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 3/Daerah I Lanud Ats, Ny. Wati Irwan Is. Dunggio, Wakil Ketua PIA AG Cabang 3/Daerah I Lanud Ats, Ny. Hendro Arief, para Pengurus PIA AG Cab.3/Daerah I Lanud Ats, para perwirasataf Lanud Ats, Wingdikum dan Kompi C.Paskhas serta tamu undangan lainnya.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando