Home » » Sambut Hari Juang Kartika ke 72 dan HUT ke 69 Kodam V/Brawijaya Gelar Berbagai Kegiatan

Sambut Hari Juang Kartika ke 72 dan HUT ke 69 Kodam V/Brawijaya Gelar Berbagai Kegiatan

Written By portal komando on 6 Des 2017 | 1:00 PM


Surabaya,- Memperingati Hari Juang Kartika (HJK) TNI AD Tahun 2017 yang jatuh pada tanggal 15 Desember 2017 dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-69 Kodam V/Brawijaya yang jatuh pada tanggal 17 Desember 2017. Kodam V/Brawijaya menggelar berbagai kegiatan.

Peringatan Hari Juang Kartika dan HUT Kodam V/Brawijaya mengangkat tema “Manunggal Dengan Rakyat TNI AD Kuat”.

Berkenaan dengan hal itu, Wakil Kepala Penerangan Kodam (Wakapendam) V/Brawijaya, Letnan Kolonel Inf Dodiet Lumwartono dalam dialog interaktif di RRI Surabaya menjelaskan, bahwa “Peringatan Hari Juang Kartika adalah event penting karena Hari Juang Kartika mempunyai makna yang sangat besar dan mendalam bagi prajurit TNI Angkatan Darat. Karena itu, peringatan “Hari Juang Kartika” merupakan hari bersejarah bagi kesatuan TNI Angkatan Darat dan bertepatan pula dengan puncak peringatan HUT Kodam V/Brawijaya yang ke 69. HJK tersebut dimaknai guna mengingatkan kembali/kilas balik nilai-nilai perjuangan,” terang Wakapendam V/Brawijaya dalam dialog interaktif. Rabu, (6/12/2017) pagi.

Selain itu, Wakapendam juga bercerita bahwa Hari Juang Kartika untuk mengingatkan peristiwa keberhasilan Jenderal Sudirman yang berhasil melawan Belanda di Ambarawa pada 15 Desember 1945. Itu disebutnya sebagai hari kebangkitan TNI AD.

"Itu merupakan keberhasilan TNI AD saat Jenderal Sudirman mengejar Belanda dengan alutsista terbatas namun berhasil menghancurkan kekuatan Belanda. Nilai pantang menyerah sebagai asas dalam perang," tutur Wakapendam.

Lebih lanjut Wakapendam, menjelaskan mengenai peringatan “Hari Ulang Tahun ke 69 Kodam V/Brawijaya pada hakekatnya adalah untuk mengenang sejarah proses kelahiran serta perjuangan Kodam V/Brawijaya dalam merebut, mempertahanan dan mengisi kemerdekaan. Oleh karena itu dengan memperingati hari Jadi Kodam V/Brawijaya diharapkan dapat menumbuhkan motivasi bagi seluruh prajurit Kodam V/Brawijaya dalam meningkatkan profesionalisme dan disiplin keprajuritan serta meningkatkan semangat juang prajurit TNI dalam mengamankan dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” jelasnya

Ada beberapa kegiatan yang juga akan ditampilkan dalam peringatan Hari Juang Kartika dan HUT ke 69 Kodam V/Brawijaya. Seperti Lomba olah raga umum antar satuan, Roadbike, Karya Bakti dan Bhakti Sosial, Ziarah Rombongan di TMP, Sarasehan, Upacara Parade dab Acara Syukuran Hari Juang Kartika TNI AD Tahun 2017 dan HUT ke-69 Kodam V/Brawijaya Tahun 2017.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando