Home » » Taruna AAL Awaki KRI Bima Suci Dari Spanyol Hingga Surabaya

Taruna AAL Awaki KRI Bima Suci Dari Spanyol Hingga Surabaya

Written By portal komando on 15 Des 2017 | 5:35 PM



PK,.Surabaya, 15 Desember 2017,- Raut sumringah terpancar dari wajah 119 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat III Angkatan ke-64 yang tergabung dalam Satuan Latihan Kartika Jala Kridha (Satlak KJK) Vigo Spanyol 2017. Kini mereka telah kembali ke kampus Akademi Angkatan Laut dan bertemu kembali dengan senior, yunior, pelatih dan dosen setelah tiga bulan sejak tanggal 18 September 2017 lalu melaksanakan pelayaran muhibah keluar negeri sekaligus mengambil kapal latih Taruna AAL yang baru KRI Bima Suci dari Vigo, Spanyol.


Penyambutan Satlat Kartika Jala Kridha Vigo Spanyol 2017 dilaksanakan dengan upacara militer yang dipimpin oleh Direktur Pendidikan Akademi Angkatan Laut (Dirdik AAL) Kolonel Laut (P) Octavianus Budi Susanto, S.H., M.Si. serta dihadiri para pejabat utama AAL, di lapangan Banda, Mako Akademi Angkatan Laut, Bumomoro, Surabaya, Jum’at (15/12). Upacara penyambutan ini sekaligus sebagai pembubaran Satlat Kartika Jala Kridha Vigo Spanyol 2017 dengan ditandai pelepasan tanda latihan kepada perwakilan Pelatih dan Taruna AAL oleh Dirdik AAL.

Gubernur AAL Laksamana Muda TNI Wuspo Lukito, S.E., M.M., dalam amanat tertulis yang dibacakan Dirdik AAL mengatakan misi yang diemban dalam latihan Kartika Jala Kridha ini mengandung dua kepentingan yang sangat strategis yaitu pertama sebagai duta bangsa dalam mengemban misi diplomasi TNI Angkatan Laut guna mempererat hubungan antar bangsa-bangsa di dunia dan yang kedua untuk membuktikan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa pelaut yang memiliki semangat dan jiwa bahari yang tinggi.

Kembalinya Satlat Kartika Jala Kridha telah membuktikan bahwa misi yang diemban bukanlah tugas yang mudah, namun kita dapat melaksanakan dengan baik, semua ini memiliki arti penting bukan hanya mengangkat citra bangsa Indonesia di forum internasional namun juga menjadi faktor pendorong bagi generasi muda untuk menumbuhkan kembali jiwa dan semangat sebagai bangsa bahari, kata Gubernur AAL.

Pada kesempatan tersebut Gubernur AAL mengucapkan selamat kepada para Taruna/Taruni AAL Tingkat III Angkatan ke-64 yang telah berhasil mengikuti dan meyelesaikan latihan praktek Kartika Jala Krida Vigo Spanyol Tahun 2017 dengan aman, tertib dan lancar sesuai dengan rencana.

Dalam pelayaran ini, para Taruna menggunakan KRI Bima Suci sebagai tempat latihan navigasi pelayaran lingkaran besar, astronomi dan mempraktekkan semua pelajaran profesi dasar matra laut pada keadaan sebenarnya. Dalam pelayaran ini para Taruna mendalami tugas dan profesi masing-masing Korps yang berhubungan dengan peran, fungsi dan tanggung jawab sebagai asisten perwira jaga darat dan laut serta dinas dalam di KRI.

Selama tiga bulan Satlak Kartika Jala Krida tahun 2017 yang dikomandani Letkol Laut (P) Tonny Sundah M. Tr. (Han.) telah singgah di berbagai negara dengan rute pelayaran yaitu Vigo (Spanyol) – Civitavecchia (Italia) – Port Said (Mesir) – Jeddah (Arab Saudi) – Colombo (Sri Lanka) –Padang – Jakarta –Surabaya. Pada pelayaran tersebut para Taruna turut serta dalam penyelenggaraan Sail Sabang di Pulau Sabang, Aceh tanggal 28 November hingga 5 Desember 2017 lalu.

Tiba di Surabaya 

Sesaat sebelum tiba di Akademi Angkatan Laut, Satlak Kartika Jala Krida 2017 dan KRI Bima Suci kembali ke pangkalan Surabaya disambut Pangarmatim Laksda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M. beserta pejabat utama Koarmatim dan pejabat utama Akademi Angkatan Laut serta ibu-ibu Pengurus Jalasenastri Koarmatim dan Pengurus Jalasenastri Cabang Akademi Angkatan Laut di dermaga Koarmatim, Ujung, Surabaya.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando