Home » » TNI Hadiri Simposium Kedokteran Gigi Forensik Dunia, Di Munich

TNI Hadiri Simposium Kedokteran Gigi Forensik Dunia, Di Munich

Written By portal komando on 11 Des 2017 | 3:34 PM

 
JAKARTA,.Sejumlah delegasi Dokter Gigi TNI dipimpin langsung Wakil Kepala Pusat Kesehatan TNI (Wakapuskes TNI) Laksma Drg. Andriani Sp.Ort mengahadiri "17 th International Symposium Forensic Dentisty" (17 th ISFD). Kegiatan symposium tersebut digelar di Bundeswehr Medical Academy, Munich Jerman pada 6  hingga 8 Desember 2017.

Dalam kesempatan tersebut Indonesia mengirimkan 5 (lima) utusan yang terdiri dari Laksma drg.Andriani,Sp.Ort,( Mabes TNI), Kol.CKM.drg Buyung Nazeli MARS (Kementerian Pertahanan), Kol.CKM.drg. Moch.Zaelani.,Sp.Pros.MARS (TNI AD), Mayor Laut (K) drg.Muh.Arifin., Sp.Ort. (TNI AL) , dan  Kol.Kes drg.Puji Widodo,Sp.KG.( Kalakesgilut TNI AU)

Acara simposium odontology forensic ( kedokteran gigi forensic) ini dihadiri tidak kurang 150 dokter gigi forensic sipil maupun  militer yang berasal dari  25 negara . Disampaikan bahwa  12 (dua belas)  professor forensic gigi hadir dalam acara tersebut serta  anggota DVI dari interpol.

Kasubbag Bedah Mulut Rumah Sakit Marinir Cilandak Jakarta  Mayor Laut (K) Drg. Muh. Arifin, Sp.Ort., mewakili sebagai pembicara dari Indonesia memberikan presentasi tentang "Peran kedokteran gigi forensic dalam identifikasi korban berbagai macam mass disaster sipil dan militer yang terjadi di Indonesia" .

Indonesia merupakan daerah yang sangat rawan terjadinya disaster, karena geografi alam Indonesia yang salah satunya disebut sebagai "ring of fire" dikelilingi oleh ratusan gunung aktif dan berada di lempeng tektonik sehingga rawan terjadi bencana, kecelakaan pesawat militer dan sipil juga sering terjadi di Indonesia. Salah satu Tugas TNI sebagai fungsi operasi militer selain perang (OMSP) salah satunya adalah operasi kemanusiaan dalam hal ini telah bergabung beberapa kali mengikuti operasi identifikasi bersama kepolisian yang tergabung dalam team DVI indonesia merupakan hal yang penting dilakukan untuk menunjukkan kiprah TNI dalam operasi kemanusiaan di masa damai maupun perang.

Peran kedokteran gigi forensic sangat penting dalam identifikasi, karena gigi merupakan alat primer yang bisa menentukan identitas seseorang selain sidik jari dan DNA.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando