Home » » 295 Pelajar Mts Negeri Kawunganten Dilatih PBB & TUB Oleh Babinsa

295 Pelajar Mts Negeri Kawunganten Dilatih PBB & TUB Oleh Babinsa

Written By portal komando on 8 Jan 2018 | 7:56 AM


Cilacap - Untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air terhadap bangsa dan negara, Sertu Sodirin bersama Sertu Mulyanto, Sertu Abdul Kholiq dan Praka Tri Wahyono  anggota Babinsa dari Koramil 09/Kawunganten, Kodim 0703/Cilacap  memberikan Latihan Dasar Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan materi Tata Upacara Bendera (TUB) kepada 295 siswa MTs Negeri Kawunganten, Sabtu (06/01/2018)

Materi kegiatan pelatihan PBB yang diberikan meliputi PBB ditempat maupun PBB berjalan diantaranya dari sikap sempurna, istirahat ditempat dengan benar, penghormatan, lencang depan, lencang kanan, jalan di tempat, maju jalan dan langkah tegap maju jalan, dengan adanya pelatihan ini diharapkan mental para siswa-siswi Mts Negeri Kawunganten lebih siap dan lebih mandiri lagi.

Selain itu, personel Babinsa juga melatih Tata Upacara Bendera (TUB), pelatihan ini dilakukan dengan maksud agar setiap pelaksanaan Upacara Bendera, baik pada upacara rutin, maupun peringatan hari besar dapat dilaksanakan dengan khidmat dan sesuai dengan tata upacara bendera yang benar.

Melakukan Upacara bertujuan untuk menumbuhkan jiwa disiplin dan kepemimpinan bagi setiap siswa. Materi latihan upacara yang diberikan adalah dengan menitik beratkan pada petugas upacara seperti petugas pengibar Bendera Merah Putih, pemimpin upacara serta  pembaca teks UUD 1945.

Sementara itu, pada kesempatannya Sertu Sodirin mengatakan, dengan adanya pelaksanaan kegiatan latihan ini, maka secara tidak langsung kita semua telah membantu pihak sekolah khususnya, dan pihak pemerintah Kecamatan Kawunganten  pada umumnya dalam menyiapkan generasi mudanya agar penuh dengan motivasi dan berkarakter serta menjauhkan generasi muda dari hal-hal negatif dengan cara disibukkan pada serangkaian kegiatan pembinaan ekstra kurikuler di sekolah." Ujar Sertu Sodirin.

Pelatihan PBB dan TUB ini sebagai wujud latihan fisik guna menanamkan kebiasaan dalam tata cara kehidupan yang diarahkan kepada terbentuknya watak seseorang agar memiliki disiplin yang tinggi. Disinilah langkah awal bagi siswa-siswi sekolah untuk mengenalkan kedisplinan dan kebersamaan,"ungkapnya.

Selain itu, tujuan kegiatan seperti ini untuk membentuk jiwa Siswa  yang tanggap, tangguh dan trengginas, serta memiliki keimanan dan ketaqwaan an memiliki bekal pengetahuan kepemimpinan dan kemandirian saat menghadapi masalah dan penyelesaiannya. Siswa diharapkan mampu menumbuhkan sikap tanggung jawab dan disiplin, menanamkan sikap mandiri, tanggung jawab dan rasa memiliki yang kuat sebagai calon pemimpin dan anggota masyarakat, serta memberikan landasan dan filter kepada peserta didik agar tidak mudah ikut-ikutan pada kegiatan yang tidak jelas di lingkungannya." Tandas Sertu Sodirin.

Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri Kawunganten Drs. Wahyudin Prasetyo, M.Pdi usai meninjau kegiatan latihan menyampaikan ucapan terima kasih kepada persnel Koramil 09/Kawunganten yang telah berperan aktif dalam membina siswa-siswi kami melalui kegiatan latihan Baris-Berbaris (PBB) maupun latihan Tata Upacara Bendera (TUB).

"Kerjasama ini memang tidak hanya cukup disini dan Insya Allah akan terus berlanjut dengan kegiatan-kegiatan lainnya dikemudian hari," kata Drs. Wahyudin Prasetyo, M.Pdi. (S)


Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando