Home » » Babinsa Bersama Poktan Ciputri Panen Kedelai Di Lahan 0, 35 Hektare

Babinsa Bersama Poktan Ciputri Panen Kedelai Di Lahan 0, 35 Hektare

Written By portal komando on 15 Jan 2018 | 6:46 PM


Cilacap - Para Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 06/Kesugihan, Kodim 0703/Cilacap yang dipimpin Bati Tuud Peltu Wagiran memdampingi petani saat panen kedelai pada areal seluas 0,35 hektare, di Desa Karangjengkol, Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacapa, Senin (15/1).

Bati Tuud Koramil 06/Kesugihan, Peltu Wagiran mengaku akan terus melakukan pendampingan kepada para petani di wilayah binaan di Kecamatan Kesugihan untuk mewujudkan program swasembada pangan.
 
"Dengan adanya pendampingan ini, diharapkan akan meningkatkan semangat kerja para petani, sehingga akan mampu meningkatkan hasil produksinya,"ujarnya.

Ia mengatakan para petani di Desa Karangjengkol, Kecamatan Kesugihan,  Kabupaten Cilacap, memanfaatkan lahan milik Giyat seluas 0,35 Hektare yang tergabung kelompok tani Ciputri untuk menanam kedelai. 

Perawatan tanaman sebagai bahan pokok untuk membuat tahu dan tempe serta susu kedelai itu relatif mudah yaitu pemberian pupuk setiap 10 hari sekali disertai pestisida agar bisa mengendalikan hama dan menjaga kesuburan tanah. 

"Setelah tanaman kedelai sudah berumur 80 sampai 90 hari maka siap untuk di panen, kemudian dijemur agar kering sebelum dirontokkan untuk memisahkan kulit dan isinya," ujarnya.

Sementara Ketua Poktan Ciputri Desa Karangjengkol, H. Tolah menyampaikan ucapkan terima kasih kepada para Babinsa Koramil 06/Kesugihan dan PPL, karena selama ini sudah mendampingi para petani sehingga hasil panen lebih maksimal dari pada panen sebelumnya.

Sebelum penen, untuk mengetahui hasil dilakukan panen ubinan, hasilnya cukup memuaskan panen kali ini menghasilkan 1.106 Kg per ubinya ( 1,77 ton per hektarnya)." Terangnya. (Sty)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando