Home » » Babinsa Bersama PPL Jenggawah Turun Amati Hama Padi

Babinsa Bersama PPL Jenggawah Turun Amati Hama Padi

Written By portal komando on 31 Jan 2018 | 7:20 PM



Jember. Dalam program pendampingan ketahanan pangan yang melibatkan Babinsa sebagai pelaksanana dilapangan bersama Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Pertanian menuntut intensitas kegiatan monitoring dilapangan, apalagi saat padi mengalami pertumbuhan menjelang berbunga.

Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Jenggawah Serda Wahyudi bersama PPL Pertanian Bu Nunuk yang melakukan pengamatan hama di lahan pertanian milik P Abu Amar Kelompok Tani Rukun Dsn Krajan Ds Jenggawah.

Dalam pelaksanaan pengamatan tersebut dteliti apa ada tanda-tanda serangan hama, kondisi rumpun tanaman dan lain-lain sehingga usai melaksanakan pengamatan sambil jalan diberikan arahan kepada petani untuk melakukan hal-hal yang perlu dilakukan dalam menjaga pertumbuhan tanaman agar tetap sehat.

Dari hasil pengamatan tersebut menurut Bu Nunuk kondisi tanaman relitif sehat dan rumpunnya juga lebat, dari kondisi tersebut tentunya tindakan monitoring harus selalu dilakukan agar kalau ada bercak serangan hama sedikitpun dapat diketahui secara dini dan dapat diambil langkah penanganannya.

P Abu Amar selaku pemilik lahan menyampaikan terima kasih atas kegiatan pendampingan yang telah dilakukan dan dengan pendampingan tersebut kami petani dapat melaksanakan pengolahan lahan, perawatan dan panen secara efektif karena selalu mendapatkan penyuluhan.

P Babinsa dan PPL sering turun kesawah melaksanakan pendampingan merupakan sarana yang tepat untuk meningkatkan produktifitas pertanian untuk itu saya atas nama petani menyampaikan terima kasih.

Danramil 0824/25 Jenggawah Kapten Inf Ismianto membenarkan adanya kegiatan yang dilakukan oleh anggotanya tersebut, bahkan seluruh Babinsa dijajarannya saat ini saya perintahkan untuk melakukan monitoring intensif terhadap pertanian di wilayahnya, karena tanaman sudah mulai akan berbunga, dan rentan terhadap serangan hama.

Demikian halnya Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar saat dikonfirmasi yang menyampaikan apresiasinya kepada jajaran atas eksistensinya melakukan kegiatan pendampingan pertanian tersebut.

Hal tersebut sebagai pengawalan terhadap petani agar mampu menjaga dan meningkatkan produktifitas pertaniannya, sehingga kesejahteraan petani akan meningkat sekaligus memperkuat programn ketahanan pangan dalam memantapkan swa sembada pangan nasional, sebagai bagian dari ketahanan nasional. (sis24)



.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando