Home » » Babinsa Koramil 13/Majenang Lakukan Percepatan Tanam Bersama Poktan RATIH

Babinsa Koramil 13/Majenang Lakukan Percepatan Tanam Bersama Poktan RATIH

Written By portal komando on 18 Jan 2018 | 7:50 PM


Cilacap -  Pencapaian Swasembada pangan yang dilakukan para petani dengan pendampingan para Babinsa di jajaran Kodim 0703/Cilacap, nampaknya makin menggugah sebagaian insan petani, seperti halnya yang dilakukan kelompok tani "RATIH" yang didampingi ole anggota Babinsa Koramil 13/Majenang melaksanakan kegiatan percepatan tanam padi  di lahan seluas 10 Hektare, Rabu  (17/01/2018).

Pola tanam yang diterapkan Babinsa Koramil 13/Majenang 
Serka Moh Subaidi bersama kelompok tani binaannya RATIH bahwa sasaran kali ini bukan hanya percepatan tanam melainkan pencapaian kedaulatan pangan melalui pendampingan dan kegiatan khusus (UPSUS). 

Ketua kelompok tani "RATIH" Ngadimun mengatakan bahwa " sejak adanya pendampingan Babinsa kami merasa yakin akan hasil panen nantinya, pola tanam yang diterapkan kami dengan Babinsa mengacu kepada anjuran kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap  yakni dengan pola tanam jajar legowo 2:1 dan 4:1 dengan bibit padi jenis " Situ Bagendit".

"Metoda tanam ini diyakinni dapat menghasilkan bulir padi yang berisi, pasalnya rumpun padi menjadi gemuk dan banyak sehingga melalui pola tanam Jarwo hama tanaman akan kesulitan menyerang, sebab dalam pola tanam ini sinar matahari langsung masuk dan dapat mengusir hama yang akan menyerang" ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Serka Moh. Subaidi, juga mengapresiasikan kegiatan pola tanam jajar legowo ini dengan mengatakan, "Manfaat yang dirasakan ketika tanam padi dengan sistem Jajar Legowo yakni, menambahnya jumlah tanaman padi, akan meningkatkan produksi tanaman padi secara signifikan, memperbaiki kualitas gabah karena akan semakin banyaknya tanaman pinggir.

Dapat mengurangi serangan penyakit pada tanaman padi, dapat mengurangi tingkat serangan hama tanaman padi, akan mempermudah dalam perawatan tanaman padi baik dalam proses pemupukan maupun penyemprotan pestisida, dan dapat menghemat pupuk, karena yang dipupuk hanya di bagian dalam baris tanaman saja." Bebernya.
(S-Pendim Cilacap)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando