Home » , » Danramil 05/Nusawungu Pimpin Langsung Upacara Bendera Di SMP N 2 Nusawungu

Danramil 05/Nusawungu Pimpin Langsung Upacara Bendera Di SMP N 2 Nusawungu

Written By portal komando on 8 Jan 2018 | 4:18 PM


Cilacap - Pemandangan berbeda nampak pada upacara bendera yang dilakukan di SMPN 2 Nusawungu, Senin (08/01/2017). Upacara yang pada umumnya dipimpin langsung oleh Kepala Sekolah masing-masing, tampak berbeda dengan kehadiran Komandan Koramil (Danramil) 05/Nusawungu Kapten Arm. Suroto sebagai Inspektur Upacara (Irup).
 
Kehadiran Kapten Suroto sebagai Irup upacara bendera di SMP N 2 Nusawungu ini, tiada lain untuk memberikan wawasan kebangsaan pada siswa siswi SMP. Sebab, jiwa nasionalisme dan patriotisme harus ditanamkan sejak dini. Terutama pada generasi muda saat ini, wawasan kebangsaan diperlukan untuk memfilter dari segala jenis kebudayaan asing yang masuk di Indonesia.

Menurut Danramil 05/Nusawungu Kapten Arm. Suroto, wawasan kebangsaan wajib dan harus ditanamkan sejak dini, terutama pada generasi muda kini. Untuk itu, pihaknya menanamkan jiwa nasionalis di dalam diri para siswa-siswi di SMPN 2 di wilayah binaannya. Dan juga untuk mengedepankan semangat kedisiplinan dan tetap mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Dalam upacara yang saya pimpin di SMPN 2 Nusawungu, ini merupakan wujud penanaman wawasan kebangsaan berupa jiwa nasionalis dan patriot pada diri siswa-siswi SMP,” ungkapnya selepas menjadi Irup di SMPN 2 Nusawungu.
 
Selain menanamkan jiwa nasionalisne, kedatangannya ini merupakan bentuk dari kepedulian akan jiwa cinta NKRI yang harus ditanamkan pada siswa-siswi SMPN 2 Nusawungu. Sebab, perkembangan zaman sekarang ini membawa budaya-budaya lain masuk di Indonesia.

Kapten Suroto mengaku, hal ini harus disiasati dengan memberikan benteng dan filter terhadap budaya asing yang masuk ke Indonesia.
 
“Maraknya budaya asing yang masuk ke Indonesia harus difilter dengan menanamkan jiwa nasionalis pada generasi muda kini. Oleh karenanya, saya memberikan wawasan kebangsaan pada generasi muda, yakni siswa-siswi SMPN 2 Nusawungu,” imbuhnya.

Ia menambahkan, sehubungan dengan adanya perintah dari Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) 0703/Cilacap, Letkol Inf. Yudi Purwanto dalam mengahadapi ancaman proxy war. Dirinya bersama personelnya akan berupaya ekstra dalam memberikan wawasan kebangsaan cinta tanah air kepada para generasi penerus. “hal itu merupakan perintah langsung dari atasan (Dandim, red) untuk mengahadapi ancaman proxy war. Kedepan, kami dan personel lainnya akan terus-menerus melakukan kegiatan seperti ini,” pungkasnya. [ Sty. Pendim Clp)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando