Home » » Danramil 11/Pengasih, Kodim 0731 Kulon Progo Cek Tanaman Padi.

Danramil 11/Pengasih, Kodim 0731 Kulon Progo Cek Tanaman Padi.

Written By portal komando on 4 Jan 2018 | 5:51 PM


Yogya Barat. Tanaman padi di lokasi sawah Dusun Ngento dan Dusun Dukuh, Karangsari, Pengasih, Kulon Progo, Yogyakarta, saat ini baru berumur 2/3 mingguan. Kamis (04/01/18), Kapten Kav Isngafuan (Danramil 11/Pengasih, Kodim 0731/Kulon Progo), bersama Serda Kismanto (Babinsa Karangsari) dan Babinsa Pengasih (Serma Edi Santoso) turun ke sawah melaksanakan pengecekan pertumbuhan tanaman padi tersebut. Sawah di Dusun Ngento seluas 15 hektar, milik Kelompok Tani Ngudi Makmur, jenis padi yang ditanam adalah jenis padi Ciherang.

Dari hasil pengecekan tanaman padi di lahan sawah ini tumbuh sehat dan normal. Pengecekan selanjutnya dilakukan di lahan sawah Dusun Dukuh dengan luas lahan 6 hektar, milik Kelompok Tani Tunggal Sari, dengan jenis padi yang sama Ciherang. 
 
Di lahan ini ditemukan tanaman padi yang terkena penyakit bonsai/tanaman kerdil/tanaman tidak bisa berkembang, bentuk tanaman kaku tidak mau bertunas. Penyakit tanaman ini sudah ditangani dengan penyebaran gamping dan garam. Serangan penyakit ini sudah dilaporkan Sungkon selaku PPL Kecamatan Pengasih. PPL akan segera melaksanakan menindak lanjuti atas hasil pengecekan Danramil, agar segera bisa diatasi, sehingga area yang tidak sehat dapat di minimalisir dan tidak menyebar ke tanaman lainnya.

"Dengan pemantauan dan pendampingan yang rutin baik dari Koramil atau PPL diharapkan tanaman padi dapat terpantau perkembangannya, sehingga dapat tumbuh normal dan pada saat panen nanti bisa menghasilkan produksi yang maksimal. Dengan hasil yang melimpah tentu saja akan meningkatkan kesejahteraan petani, mendukung swasembada pangan sehingga tercapai Ketahanan Pangan baik daerah atau Nasional" jelas Danramil, Kapten Isngafuan. (NSR/bang natsir).
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando