Home » » Harga Beras dan Kebutuan Pokok Melonjak Memaksa Forkompimda Cilacap Zidak ke Pasar

Harga Beras dan Kebutuan Pokok Melonjak Memaksa Forkompimda Cilacap Zidak ke Pasar

Written By portal komando on 18 Jan 2018 | 7:46 PM

 
Cilacap - Dandim 0703/Cilacap beserta unsur Forkopimda Kabupaten Cilacap yang terdiri dari Bupati Tatto Suwarto Pamuji, Kapolres AKBP Djoko Julianto, S.I.K, dan Danlanal Kolonel Laut (P) Agus Prabowo Adi, S.E, meninjau Operasi Pasar (OP) yang dilakukan Perum Bulog, di pasar Gede, Jl. R.E. Martadinata, Kelurahan Tambakreja, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Kamis (18/01).

Menurut Dandim 0703/Cilacap, Letkol Inf. Yudi Purwanto, "Operasi pasar ini dilakukan dalam rangka menjaga ketersediaan dan kestabilan harga kebutuhan bahan pokok masyarakat (Kepokmas) khususnya beras di wilayah Kabupaten Cilacap. Selain itu,  pengecekan ini dilakukan guna memastikan bahwa pengadaan beras medium yang dilakukan oleh Perum Bulog benar-benar sampai ke para pedagang demi stabilitas harga beras di pasaran, dengan harapan pedagang kembali menjual beras harus sesuai dengan harga eceran." Ujar Dandim Letkol Inf. Yudi Purwanto, Kamis (18/01/2018).

Sebelumnya, Kepala Sub Divre Perum Bulog IV Banyumas Setio Warsono mengatakan, operasi pasar beras di Cilacap digelar di beberapa pasar tradisional di wilayah Kabupaten Cilacap dan salah satunya di Padar Gede Cilacap ini," terangnya
Ia menambahkan bahwa Perum Bulog menyediakan 5 ton beras medium ditiap-tiap titik dalam kemasan 25 Kg dan 5 Kg dan dijual pengecer Rp 9.000/kg dan harga tersebut lebih murah ketimbang harga di pasaran. "Harga beras di Kabupaten Cilacap mulai ada kenaikan dalam beberapa waktu terakhir ini sehingga kita dapat tugas dari Kementan untuk menstabilkan harga dan kontinyuitas pasokan beras medium." Paparnya.

Sementara itu, unsur Forkompimda sangat mengapresiasi dengan Operasi Pasar yang dilakukan oleh Perum Bulog. Harapannya operasi ini dapat berjalan lancar dan dapat menekan kenaikan harga bahan pokok terutama beras, serta menjaga ketersediaan dan kestabilan harga kebutuhan bahan pokok lainnya khususnya di wilayah Kabupaten Cilacap.

Selain mengecek terhadap pelaksanaan operasi beras medium yang dilaksanakan oleh Perum Bulog, rombongan Forkopimda juga berkeliling di sekitar lokasi Pasar Gede untuk memantau harga kebutuhan bahan pokok lainnya, dengan melakukan tanya jawab dengan para pedagang terkait dengan kenaikan harga bahan pokok. 

Dari hasil pantauan operasi pasar tersebut, diperoleh hasil harga bahan pokok seperti beras IR64 (KW Premium) Rp. 14.500,-/Kg, beras IR64 (KW Medium) Rp. 10.500,-/Kg, gula pasir kristal putih (KW Medium) Rp. 11.500,-/Kg, gula kelapa Rp. 13.000,-/Kg, minyak goreng curah Rp. 11.500,- /Liter, minyak goreng merek Bimoli ( 2 Ltr ) Rp. 25.000,-, daging sapi Rp. 120.000,-/Kg, ayam ras Rp. 37.000,-/Kg, ayam kampung Rp. 60.000,-/Kg, telur ayam negeri Rp. 21.000,-/Kg serta masih banyak lagi harga kebutuhan bahan pokok lainnya. 

Turut serta dalam kegiatan tersebut Asisten ekonomi dan pembangunan Sekda Cilacap Dian Setya Budi, M.M, Kepala Disperindagkop UKM Kabupaten Cilacap Dian Arinda Murni, S.H, M.M, Kepala Dinas Pertanian Kab. Cilacap Ir. Gunawan, M.M, Kepala Dinas Pangan dan Perkebunan Kab. Cilacap Ir. Susilan, Kepala Sub Divre Perum Bulog IV Banyumas Setio Warsono serta Kabag Perekonomian Setda Cilacap Umar Said, S.E. (pendim cilacap)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando