Home » » KADISKUAL BUKA REKONSISILIASI INTERNAL DIPA TNI AL SEMESTER II TA 2017 DI KODIKLATAL

KADISKUAL BUKA REKONSISILIASI INTERNAL DIPA TNI AL SEMESTER II TA 2017 DI KODIKLATAL

Written By portal komando on 11 Jan 2018 | 3:49 PM



Kodiklatal, (11/1). Kepala Dinas Keuangan TNI Angkatan Laut (Kadiskual) Laksma TNI DJoko Erwan P, M.Tr. (Han) secara resmi membuka pelaksanaan Rekonsiliasi Internal Dipa TNI AL Semester II TA 2017 di Gedung Moeljadi Kesatrian Bumimoro Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal), Kamis, (11/1).

Pembukaan Rekonsiliasi Internal Dipa TNI AL semester II tahun 2017 tersebut diikuti peserta yang berasal dari Badan Keuangan, Pengawak Saiba dan pengawak Simak BMN beberapa Kotama TNI AL diantaranya Mako Kodiklatal, Mako Koarmatim, Lantamal V, Lantamal VII, Satlinlamil Surabaya, Pasmar 1, Kolatmar dan Lanmar Surabaya.

Kadiskual Laksma TNI DJoko Erwan P, M.Tr. (Han) dalam sambutanya menyampaikan bahwa rekonsiliasi merupakan proses pencocokan data transaksi keuangan yang diproses dengan beberapa sistem/subsistem yang berbeda berdasarkan dokumen sumber yang sama. Berdasarkan peraturan menteri pertahanan Republik Indonesia Nomor 18 tahun 2015 dimana pelaksanaan rekonsiliasi terdiri dari rekonsiliasi internal dan eksternal.

Adapun rekonsiliasi internal adalah rekonsiliasi yang dilakukan secara berjenjang pada setiap tingkat unit akuntansi yang dilaksanakan di lingkungan Kemhan dan TNI, sedangkan rekonsiliasi eksternal adalah rekonsiliasi berjenjang pada setiap tingkat unit akuntansi yang dilaksanakan oleh Kemhan dan TNI dengan KPPN/DJPB/DJKN dan DJPU kementerian keuangan. Untuk penyelenggaraan rekonsiliasi yang dilaksanakan saat ini adalah rekonsiliasi internal Dipa berkaitan dengan realisasi anggaran pendapatan dan belanja negara yang bersumber dari Dipa pusat maupun Dipa daerah .

Hal ini dimaksudkan antara lain sebagai upaya mensinkronisasikan data keuangan antara badan keuangan, badan perencanaan dan badan logistik terkait dengan realisasi Pendapatan dan Belanja Negara serta pelaksanaan pencatatan transaksi persediaan dan barang milik negara.

Lebih lanjut disampaikan bahwa rekonsiliasi yang saat ini akan dilaksanakan antara lain melakukan pencocokan data realisasi anggaran pendapatan dan belanja negara, pencocokan data dan Barang Milik Negara (BMN) yang dihasilkan dari simak BMN dengan data neraca yang dihasilkan oleh proses Saiba. Adapun kegiatan lainya adalah menginventarisir data hibah, hutang piutang rumkit dan pengelolaan PNPB.

“Saya berharap dari pelaksanaan Rekonsiliasi internal ini diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang dihadapi sehingga penyusunan laporan keuangan tahun anggaran 2017 nantinya dapat terlaksana secara transparan dan akuntabel .” tegas Pati bintang satu dipundak tersebut .

Selain Kadiskual hadir dalam acara tersebut Paban 1 Ren Ditum dan Paban 4 Slog Ditum Kodiklatal, Asrena dan Aslog Koarmatim, Aslog Lantamal V, Danpusdikbanmin, Kadep Suplai AAL, Kakupus diskual, Kakuwil kodiklatal, Kasubdis dalku dan Kadisku koarmatim
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando