Home » » Patkamla Gebang-II-3.59 Lanal Cirebon Evakuasi Korban Selamat Tenggelamnya KLM Mitra Niaga Di Perairan Indramayu.

Patkamla Gebang-II-3.59 Lanal Cirebon Evakuasi Korban Selamat Tenggelamnya KLM Mitra Niaga Di Perairan Indramayu.

Written By portal komando on 8 Jan 2018 | 7:03 PM


PK,.Jakarta, 8 Januari 2018,-- Patkamla Gebang II - 3. 59 yang merupakan salah satu unsur patroli Lanal Cirebon berhasil membantu proses evakuasi 6 (enam) orang ABK korban KLM Mitra Niaga yang tenggelam di perairan laut Indramayu, Sabtu (06/01). Kejadian berawal dari sinyal Distress (Darurat) tentang adanya salah satu kapal kargo dengan nama KLM Mitra Niaga memberikan informasi dalam keadaan darurat dan meminta bantuan pertolongan melalui radio.

Sinyal darurat yang dikirim oleh KLM Mitra Niaga tersebut diterima oleh salah satu kapal Ship Boat (SB) Glory dan diteruskan ke kapal-kapal lainnya. Sinyal tersebut direspon oleh salah satu kapal Anchor Handling Tug and Supply (AHTS) Hailey Sarah dan SB TCC yang sedang berlayar disekitar perairan Utara Indramayu dengan segera mendekat menuju lokasi serta melaksanakan evakuasi terhadap ABK KLM Mitra Niaga. Setelah berhasil dievakuasi, seluruh ABK KLM Mitra Niaga diantar menuju keperbatasan lokasi Rig terdekat untuk menunggu kedatangan Kapal Patroli Lanal Cirebon.

Sinyal Distress yang diteruskan oleh AHTS Hailey Sarah pun diterima oleh Kapal Patroli TNI AL Lanal Cirebon yaitu Patkamla Kal Gebang-II-3.59 yang sedang melaksanakan patroli rutin di perairan Indramayu. Dengan segera Patkamla Gebang bergerak menuju Rig untuk melaksanakan evakuasi lanjutan terhadap ABK KLM Niaga Mitra. Proses evakuasi yang dilaksanakan oleh Patkamla Gebang-II-3.59 dibantu oleh kapal lain yaitu Crew Boat Ngadirejo milik Pertamina Hulu Energi North West Java. Seluruh ABK KLM Mitra Niaga yang berjumlah 6 orang berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat dan selanjutnya dibawa menuju ke Pelabuhan Pendaratan Ikan Eretan Kabupaten Indramayu.

Tenggelamnya KLM Niaga Mitra di kedalaman 45 meter disebabkan cuaca buruk sehingga mengakibatkan kebocoran di ruang mesin. KLM Mitra Niaga berlayar dari pelabuhan Gresik Surabaya dengan tujuan pelabuhan Tanjung Pandan Bangka belitung dengan membawa muatan pupuk Dolomite 330 Ton. Sementara barang-barang yang berhasil diselamatkan oleh ABK KLM Mitra Niaga diantaranya, GPS Garmin 128 beserta Antene, Dokumen pelayaran kapal lengkap. Radio VHF M200 beserta Antene, Teropong, Cas Aki, Senter Besar.

Adapun kerugian material antara lain satu unit Kapal KLM Mitra Niaga, Satu unit Main Engine merk Nisan RF 10, Delapan unit Mesing Domfeng beserta pompa dan Pupuk Dolomite sebanyak 330 Ton yang tenggelam.

Setibanya di Pelabuhan Ikan Eretan , 6 orang ABK KLM Mitra Niaga dibawa menuju ke Posmat TNI AL Eretan untuk dilaksanakan pengecekan mondisi kesehatan dengan dibantu oleh petugas kesehatan setempat serta menunggu pemilik kapal untuk selanjutnya melaksanakan koordinasi dengan pihak Syahbandar Indramayu.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando