Home » » PERINGATI KE- 56 TAHUN PERTEMPURAN ARU, LANTAMAL VI GELAR UPACARA HARI DHARMA SAMUDERA TAHUN 2018

PERINGATI KE- 56 TAHUN PERTEMPURAN ARU, LANTAMAL VI GELAR UPACARA HARI DHARMA SAMUDERA TAHUN 2018

Written By portal komando on 15 Jan 2018 | 12:56 PM


Makassar, Dalam rangka memperingati dan mengenang peristiwa Heroik pertempuran di laut Aru pada 56 tahun silam, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut VI  (Lantamal VI) Makassar menggelar upacara Peringatan Hari Dharma Samudera tahun 2018 bertempat di lapangan Arafuru Mako Lantamal VI, Senin (15/01/2018). 

Dalam Amanat Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi S.E., M.A.P  yang  di bacakan Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Laksamana Pertama TNI Yusup, S.E., M.M., selaku Inspektur Upacara (Irup) mengatakan pelaksanaan upacara peringatan Hari Dharma Samudera pada hakikatnya merupakan bentuk penghormatan sekaligus untuk mengenang peristiwa heroik yang terjadi di laut Aru pada 56 tahun silam, dimana telah gugur para pahlawan kita sebagai kusuma bangsa untuk mempertahankan wilayah Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pada tanggal 15 Januari 1962, telah terjadi pertempuran laut Aru, dimana Komodor Yos Sudarso sebagai Senior Officer Present Afloat (SOPA) On Board di R.I. Matjan Tutul yang tertembak kapal perang Belanda dan tenggelam, gugur bersama awak R.I. Matjan Tutul. Pengorbanan para Pahlawan tersebut telah menorehkan tinta emas dalam sejarah Nasional perjuangan bangsa Indonesia.

"Para pahlawan laut Aru telah memberi teladan sejati pada kita yakni sikap ksatria dan rela berkorban. Mereka telah membuktikan bahwa bangsa Indonesia tidak gentar menghadapi musuh dalam upaya mempertahankan wilayah Republik Indonesia,"  kata Irup

Lebih lanjut peringatan ini hendaknya dijadikan momentum untuk membangktkan kembali tekad untuk semangat dan tegar menghadapi tantangan.

Diakhir amanatnya Kasal menekankan kepada semua Prajurit TNI AL untuk mengaktualisasikan nilai-nilai kejuangan, patriotisme dan kepahlawanan serta nilai – nilai keteladan yang telah diwariskan oleh para pendahulu kita sebagai kontribusi positif dan karya nyata dari segenap prajurit matra laut dalam pengabdian kepada Negara dan bangsa serta demi terwujudnya TNI Angkatan Laut yang handal dan disegani serta berkelas dunia.

Upacara yang berjalan  khidmat ini di hadiri Wadan Lantamal VI Kolonel Marinir Rasman, M. Tr (Han), Para Asisten Danlantamal VI, Kafasharkan Makassar, Danyonmarhanlan VI, Kadis/Kasatker Lantamal VI, Prajurit Yonmarhanlan VI, serta para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Lantamal VI.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando