Home » » Prajurit Lantamal XII Pontianak Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja 2018

Prajurit Lantamal XII Pontianak Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja 2018

Written By portal komando on 6 Jan 2018 | 8:39 AM



Pontianak, 05 Januari 2017,- Menyambut pilkada serentak yang akan dilaksanakan tahun 2018 Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XII Pontianak Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI (Mar) Endi Supardi yang diwakili oleh Wadan Lantamal XII Pontianak Kolonel Laut (P) Joko Sumitro, S.E menghadiri Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Kewilayahan Mantap Praja Kapuas 2018, bertempat di Depan Alun-Alun Kapuas Jalan Rahadi Usman Pontianak Kalimantan Barat.

Bertindak selaku Inspektur Apel adalah Kapolda Kalbar Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) Didi Haryono. Apel gelar pasukan dilaksanakan untuk mengecek kesiapan seluruh personel pengamanan, berikut kelengkapan sarana dan prasarana pendukungnya, serta keterpaduan unsur lintas sektoral dalam pengamanan guna mensukseskan pesta demokrasi pemilihan gubernur/wakil gubernur Kalimantan Barat, pemilihan walikota/wakil walikota Pontianak, serta pemilihan bupati/wakil bupati Mempawah, Sanggau, Kayong Utara dan Kuburaya yang aman dan kondusif.

Dalam amanatnya Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono mengatakan betapa pentingnya menjaga situasi kamtibmas yang kondusif bagi pembangunan dan kehidupan kita. Semangat untuk senantiasa bersinergi dalam menciptakan dan memelihara kamtibmas seperti inilah yang harus pertahankan. Pemilihan kepala daerah memerlukan jaminan stabilitas kamtibmas agar setiap tahapan pilkada dapat berjalan dengan tertib dan aman.

Lebih lanjut Kapolda Kalbar mengatakan, dalam mengawal dan mengamankan seluruh proses pilkada ada beberapa potensi gangguan selama pilkada ke depan yang harus diketahui dan dicegah, diantaranya praktek-praktek kecurangan pemilihan yang dapat dilakukan oleh siapa saja, baik penyelenggara, pemilih, serta pihak lainnya yang dapat memicu penolakan dan protes dari pihak lain yang berujung konflik.

Untuk diketahui, bahwa pelibatan kekuatan pengamanan dari unsur POLRI sebanyak 4.337 personel, dari unsur TNI sebanyak 1.500 personel serta dari unsur linmas sebanyak 23.332 personel yang tersebar di 11.666 TPS. Momentum ini dijadikan untuk meningkatkan soliditas, solidaritas, sinergi dan harmoni antar instansi, serta satukan tekad dan komitmen untuk memberikan contoh dan membuktikan kepada masyarakat, bahwa TNI-Polri bersama unsur stakeholders pilkada siap untuk mengawal, mengamankan serta mensukseskan pilkada serentak 2018. Turut hadir dalam apel, Kasdam XII/Tpr Brigjen TNI Sulaiman Agusto, Danlanud Supadio Marsma TNI Minggit Tribowo, Wadan Lantamal XII Kolonel Laut (P) Joko Sumitro, S.E, Wakil Walikota Pontianak Bapak Edi R. Kamtono, Kepala Dishub Pontianak Bapak Anthony, Kepala Imigrasi Baoak Husni Thamrin, Kepala Bea Cukai Kalbar Dwiyono Widodo serta Pasukan apel gabungan TNI-Polri.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando