Home » » Prajurit Puspenerbal Gelar Upacara Bendera Untuk Memperingati Hari Dharma Samudera

Prajurit Puspenerbal Gelar Upacara Bendera Untuk Memperingati Hari Dharma Samudera

Written By portal komando on 15 Jan 2018 | 1:29 PM


PK,.Senin, 15/01/2017 bertempat di lapangan Shelter Pesawat Lanudal Juanda Seluruh Prajurit dan ASN yang Bertugas di lingkungan Pusat Penerbangan Angkatan Laut melaksanakan upacara peringatan Hari Dharma Samudera 2018. 
 
Upacara yang digelar tiap tahun pada tanggal 15 januari ini hakekatnya merupakan wujud penghormatan sekaligus mengenang peristiwa-peristiwa laut heroik yang terjadi sejak di proklamirkannya kemerdekaan Republik Indonesia, sejak merdeka pada tanggal 17 agustus 1945 Angkatan bersenjata Republik Indonesia telah beberapa kali mengirimkan ekspedisi ekspedesi laut ke seluruh wilayah nusantara, tujuan ekspedisi ini semata mata untuk menjaga dan mempertahankan kedaulatan dan kemerdekaan Indonesia. Salah satu peristiwa laut paling heroik adalah terjadi pada 56 tahun yang silam yakni gugurnya para pahlawan bangsa, prajurit -prajurit Angkatan Laut indonesia yang berjuang mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pada 15 Januari 1962, Komodor Yos Sudarso selaku Senior Officer Present Afloat (SOPA) on board di R.I Matjan Tutul akhirnya tenggelam dan gugur bersama seluruh ABK nya dalam menghadang serangan kapal perang Belanda. Torehan tinta emas inilah yang menjadikan tanggal 15 januari ditetapkan menjadi hari dharma samudera oleh pemerintah Republik Indonesia.

Dalam upacara kali ini selaku Inspektur Upacara adalah Direktur Logistik Puspenerbal Kolonel Laut (P) Sisyani Jaffar yang mewakili Komandan Puspenerbal. 
 
Dalam amanatnya, Inspektur upacara membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Laut yang pada intinya bahwa Pemimpin TNI Angkatan Laut Saat ini mengharapkan seluruh prajurit TNI AL mengaktualisasikan nilai nilai kejuangan, patriotisme dan kepahlawanan serta keteladanan yang diwariskan oleh para pendahulunya sebagai kontribusi dan karya nyata bagi segenap prajurit matra laut dalam pengabdian kepada bangsa dan negara serta mewujudkan TNI angkatan laut yang handal, disegani dan berkelas dunia. Momentum peringatan Hari Dharma Samudera ini diharapkan juga mampu membangkitkan tekad dan pantang menyerah bagi seluruh prajurit matra laut guna menyongsong tugas dan tantangan dimasa mendatang yang semakin kompleks dan dinamis.

Hadir dalam upacara Hari Dharma Samudera tersebut Para Direktur Puspenerbal, Komandan Lanudal Juanda Kolonel Laut (P) Bayu Alisyahbana, Komandan Wing Udara I Kolonel Laut (P) M. Tohir, Kafasharkan Pesud Puspenerbal, serta perwira staf jajaran penerbangan TNI AL Juanda.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando