Home » » Sejarah dan Keberadaan Pangkalan TNI Angkatan Laut Di Yogyakarta.

Sejarah dan Keberadaan Pangkalan TNI Angkatan Laut Di Yogyakarta.

Written By portal komando on 18 Jan 2018 | 5:31 PM

PK,.Yogyakarta. Keberadaan Pangkalan TNI Angkatan Laut Yogyakarta saat ini tidak terlepas dari sejarah Kota Yogyakarta sebagai Kota Perjuangan, Yogyakarta memiliki sejarah yang panjang dan terkait erat dengan masa perjuangan merebut dan mempertahankan Republik Indonesia dari penjajah Belanda dan Jepang. 
 
Pada awal kemerdekaan, secara administrasi terbentuklah Badan Keamanan Rakyat Laut atau BKR Laut dipelopori oleh pelaut-pelaut veteran Indonesia yang pernah bertugas di jajaran Koninklijke Marine atau Angkatan Laut Kerajaan Belanda di masa penjajahan Belanda dan Kaigun dimasa pendudukan Jepang, tanggal 5 Oktober 1945 secara resmi BKR Laut berubah menjadi Tentara Keamanan Rakyat atau TKR Laut.

Dalam masa perjuangan kemerdekaan, situasi Jakarta menjadi sangat genting, maka demi keamanan, keselamatan dan kelangsungan pemerintahan Republik Indonesia, diputuskan pemindahan pusat pemerintahan Negara Republik Indonesia dari Jakarta ke Yogyakarta dan pada 10 November 1945 pemerintah mengeluarkan putusan memindahkan markas besar TKR, dengan demikian Markas Tertinggi TKR Laut berkedudukan di Yogyakarta.

Jatuhnya sebagian besar pangkalan Angkatan Laut akibat agresi militer Belanda yang pertama tahun 1947 memberikan dampak serius bagi keberlangsungan pembangunan kekuatan Angkatan, demikian pula kedudukan Markas Besar Angkatan Laut di Yogyakarta dianggap kurang menguntungkan, atas pertimbangan tersebut, ahkirnya pada tanggal 1 Desember 1948 Kepala Staf Angkatan Laut saat itu Kolonel Laut R. Soebijakto memutuskan untuk memindahkan Markas Besar Angkatan Laut dari Yogyakarta ke Aceh, daerah Aceh dipilih dengan pertimbangan relatif aman dan strategis secara geografis untuk pengembangan kekuatan armada Angkatan Laut dan keputusan pemindahan tersebut terbukti tepat, dimana pada tanggal 19 Desember 1948 Belanda melancarakan agresi militernya yang kedua dan langsung menduduki Ibu Kota Republik Indonesia Yogyakarta.

Selanjutnya pada tahun 1964 Angkatan Laut membuka kesempatan kepada pemuda-pemuda Indonesia untuk dapat mengikuti kuliah-kuliah di universitas Gadjah Mada dengan beasiswa berikatan dinas, sejak itulah di Yogyakarta terbentuk suatu badan yang disebut PTPAL atau Pelajar Tjalon Perwira Angkatan Laut yang bertugas mengurus calon-calon sarjana Angkatan Laut, kemudian pada tahun 1965 nama PTPAL ditingkatkan menjadi PTBAL atau Perwira Tugas Belajar Angkatan Laut dan menempati gedung di Jl. Bintaran Kidul No. 21 Yogyakarta.

Dalam perkembangannya, pangkalan Angkatan Laut Yogyakarta telah mengalami beberapa kali reorganisasi dan berpindah tempat di wilayah Yogyakarta, perubahan dan penyesuaian tersebut yakni, tahun 1967 dibentuklah Perwakilan Angkatan Laut di Yogyakarta, hingga perkembangannya diresmikanlah Detasemen Angkatan Laut atau Denal Yogyakarta pada tanggal 18 Januari 1971. 

Pada tanggal 2 Juni tahun 1986 kantor Denal Yogyakarta dipindahkan dari gedung di Jl. Bintaran Kidul No. 21 ke gedung yang berlokasi di Benteng Vredeburg Jl. Malioboro Yogyakarta, namun dalam rangka untuk kepentingan pembangunan museum Serangan Umum 1 Maret 1949, pada tanggal 24 Juni 1988 kantor Denal Yogyakarta menempati tanah Komando Wilayah Pertahanan II, tepatnya di Jl. Melati Wetan nomor 62 Baciro Yogyakarta sampai dengan saat ini.

Berdasarkan Surat Keputusan Panglima ABRI Nomor Skep/09/X/1992 tanggal 5 Oktober 1992 dan Surat Keputusan Kepala Staf Angkatan Laut Nomor Skep/12/VII/1993 tanggal 21 Juli 1993, penyesuaian organisasi dari Denal Yogyakarta menjadi Lanal Yogyakarta dengan klasifikasi Lanal Khusus. Adapun sejak diresmikannya kantor Angkatan Laut Yogyakarta, estafet kepemimpinan Komandan pernah dijabat oleh 21 Komandan hingga saat ini, dengan Komandan pertama dijabat Lettu Laut Sarwono, B.A, dan saat ini Komandan Lanal Yogyakarta dijabat oleh Kolonel Laut (P) Arya Delano, S.E, M.Pd, Selanjutnya tanggal dimana peresmian Denal Yogyakarta pada 18 Januari 1971, diperingati sebagai hari jadi Lanal Yogyakarta. (NSR/bang natsir).
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando