Home » » Sinergi TNI-POLRI Gunung Anyar Tambak - Surabaya

Sinergi TNI-POLRI Gunung Anyar Tambak - Surabaya

Written By portal komando on 16 Jan 2018 | 7:10 PM


Surabaya - Radikalisme memiliki keterkaitan erat dengan terorisme, keduanya merupakan tindakan kekerasan atau ancaman bagi kehidupan masyarakat. Tindak kejahatan tersebut sesungguhnya dilakukan oleh sekelompok minoritas yang menolak dan sekaligus tidak percaya lagi pada sistem dan proses demokrasi yang ada. Gerakan tersebut menginginkan adanya perubahan sosial dan politik secara drastis dengan kekerasan, sedangkan agama dijadikan sebagai fondasi yang dipahami secara ekstrem. Keberadaan paham radikalisme memunculkan upaya untuk menanggulanginya, salah satunya adalah deradikalisme. 
 
Selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah upaya yang dilakukan para stakeholders yang bertanggungjawab mengemban tugas tersebut. Peran TNI-Polri dalam upaya deradikalisme perkembangan terorisme di Indonesia dinaungi oleh undang-undang, meskipun pada tataran lain, upaya yang dijalankan dipandang oleh banyak pihak masih belum terjadi sinergi yang optimal.

Sebagai ujung tombak serta yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dalam mengaplikasikan Sinergi TNI-POLRI tersebut adalah Danramil dan Kapolsek yang selalu siap siaga tdak kenal waktu untuk selalu melayani masyarakat dengan dibantu oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas di level kelurahan masing-masing yang berada di Negara Republik Indonesia. Seperti halnya yang telah dilakukan oleh Bhabinkamtibmas, Aiptu Agus Setiawan dari Polsek Rungkut yang selalu kolaborasi dengan Babinsa, Serda Suparman dari Koramil Rungkut.

Pantau wilayah tidak kenal lelah, warga masyarakat membutuhkan sewaktu-waktu tanpa kenal waktu dari pagi hingga malam hari hingga dapat dipastikan wilayah teritorial Kelurahan Gunung Anyar Tambak Kecamatan Gunung Anyar Kota Surabaya tersebut aman terkendali. Kebersamaan Serda Suparman dan Aiptu Agus Setiawan tersebut demi untuk memberikan pelayanan sesuai tupoksinya agar masyarakat dapat merasakan tenang, aman dan nyaman.

Terlihat jelas kebersamaan keduanya saat menjalankan ibadah sholat berjamaah di musholla Gunung Anyar Tambak setelah menjalankan patroli bersama di teritorialnya. Demi untuk menjamin wilayah tetap kondusif larut malampun masih melaksanakan patroli keliling pantau wilayah yang selanjutnya dilaporkan kepada komandan masing-masing, Aiptu Agus Setiawan selalu memberikan laporan kepada Kapolsek Rungkut, Kompol Esti Setija Oetami,SH serta Serda Suparman selalu memberikan laporan kepada Danramil Rungkut Mayor Inf Supriyo Triwahono.Apabila ada permasalahan Danramil dengan Kapolsek bersama tiga pilar ( Camat, Kapolsek dan Danramil) segera ke lokasi untuk mencari solusi pemecahan masalah yg lebih baik, sehingga diharapkan permasalahan konflik dapat diselesaikan secara baik dan tidak menimbulkan rasa dendam, sakit hati ataupun perasaan tidak senang yang berkelanjutan.(mark|red
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando