Home » » TARUNA AAL TERIMA KULIAH UMUM POTENSI MARITIM

TARUNA AAL TERIMA KULIAH UMUM POTENSI MARITIM

Written By portal komando on 31 Jan 2018 | 8:51 AM



Surabaya, 30 Januari 2018,- Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) menerima kuliah tamu dari Staf Potensi Maritim (Spormar) TNI AL yang diberikan oleh Paban VI Wiltasla Spotmar Kolonel Laut (P) Retarto di gedung Maspardi, Akademi Angkatan Laut, Bumimoro, Surabaya, Selasa (30/1). Hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Lembaga Akademi Angkatan Laut (Seklem AAL) Kolonel Laut (P) Hadi Pranoto, S.Sos, Msi (Han) beserta pejabat utama AAL.

Dalam kegiatan kuliah tamu ini para Taruna AAL menerima materi kuliah mengenai Tugas Pokok dan Fungsi Potensi Maritim TNI AL. Hal ini berkaitan dengan adanya pengembangan organisasi di tubuh TNI AL yakni penambahan struktur organisasi Staf Potensi Maritim (Spotmar) TNI AL yang merupakan realisasi dari validasi organisasi TNI AL sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 62 Tahun 2016 tanggal 14 Juli 2016 tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 10 Tahun 2010 tentang Susunan Organisasi TNI. Pembentukan organisasi Spotmar di tingkat Kotama dan Lantamal telah diresmikan oleh Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P. pada tanggal 22 Januari 2018 lalu di Koarmabar, Jakarta.

Gubernur AAL Laksamana Muda TNI Wuspo Lukito, S.E., M.M. dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Seklem AAL menyampaikan selamat datang dan ucapan terima kasih kepada Paban VI Wiltasla Spotmar Kolonel Laut (P) Retarto atas waktunya untuk memberikan kuliah tamu kepada para Taruna AAL semoga dapat menambah wawasan sebagai bekal dalam melaksanakan tugas di masa yang akan datang. Gubernur AAL berpesan kepada para Taruna AAL agar menyimak betul-betul materi yang disampaikan sehingga mampu memahami fungsi dan tugas pokok potensi maritim TNI AL agar kedepan akan muncul gagasan dan ide-ide cemerlang tentang manajemen strategi pertahanan dalam membangun potensi maritim menuju poros maritim dunia.

Sementara itu Paban VI Wiltasla Spotmar Kolonel Laut (P) Retarto dalam paparannya mengulas mengenai Tupoksi Potmar TNI AL, peran TNI AL dalam melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut (Dawilhanla) guna menyiapkan ruang alat dan kondisi kejuangan (Rak Juang) kemaritiman serta mewujudkan kemanunggalan TNI AL dan rakyat, potensi maritim dalam perspekstif sejarah TNI AL, potensi maritim sebagai bagian dari elemen Dawilhanla, potensi maritim sebagai masa depan bangsa serta pembinaan potensi maritim (Binpotmar). 
 
Taruna AAL sebagai calon pemimpin TNI AL dan nasional di masa yang akan datang diharapkan memiliki sikap dan kemampuan Binpotmar dalam pembangunan Dawilhanla secara cognitif, afektif maupun psicho motoric. Taruna AAL terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan kuliah ini, terlihat banyak diantara mereka mengajukan pertanyaan hal-hal yang belum dimengerti kepada pemapar saat sesi tanya jawab.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando