Home » » TNI Tetap Berpegang Teguh Pada Komitmen Netralitas TNI

TNI Tetap Berpegang Teguh Pada Komitmen Netralitas TNI

Written By portal komando on 17 Jan 2018 | 2:53 PM



Keterangan Gambar: Komandan Lanud Ats, Marsma TNI Irwan Is. Dunggio, S.Sos., sebagai Inspektur upacara pada upacara bendera tujuh belasan, sekaligus membacakan amanat Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., bertempat di Main Apron Lanud  Atang Sendjaja Bogor, Senin  (17/1/2018). 

Lanud Atang Sendjaja, Senin (17/1/2018) Upacara bulanan tujuh belasan dilaksanakan di Lanud Atang Sendjaja pada hari Senin (17/1),bertempat di Main Appron Lanud Atang Sendjaja dan diikuti oleh seluruh prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Lanud Atang Sendjaja dan Wing Pendidikan Umum, dengan Inspektur Upacara Komandan Lanud Atang Sendjaja, Marsma TNI Irwan Is. DUnggio, S.Sos., sekaligus membacakan amanat Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P.

Mengawali amanatnya, Panglima TNImenyampaikan terima kasih kepada seluruh prajurit dan PNS TNI dimanapun berada. “Terima kasih kepada seluruh Prajurit dan PNS TNI atas dedikasi dan semangat pengabdian, karena telah melewati tahun 2017 dengan sarat prestasi dan kinerja yang baik”.

Selanjutnya, Panglima TNI mengatakan bahwa tuntutan dan tantangan tugas ke depan tidak semakin ringan. “Dinamika perubahan lingkungan strategis yang sedemikian cepat terkait dengan konstelasi global kontemporer, menghadirkan berbagai bentuk ancaman nyata yang bersifat asimetris, proksi dan hibrida menjadi sedemikian sulit diprediksi”, terang Panglima TNI. “Dinamika perubahan tersebut, menuntut TNI untuk mentransformasi diri menjadi suatu organisasi yang profesional, modern, dan tangguh, dengan SDM berbasis kompetensi untuk mencapai standar kemampuan dan profesionalisme, berjiwa satria, militan, loyal dan profesional sehingga mampu menghadapi berbagai bentuk ancaman nyata”, ungkap Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P.

“Untuk itu, lanjut Panglima TNI, Prajurit dan PNS TNI dituntut mampu menyikapi secara cerdas terhadap perkembangan lingkungan strategis, upaya adu domba, provokasi, penyalahgunaan media sosial dan serangan siber dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin maju dan modern”.

Terkait dengan tahun 2018 yang disebut dengan Tahun Politik, Panglima TNI kembali menegaskan tentang komitmen netralitas TNI.“Saya perintahkan kepada Prajurit TNI dimanapun bertugas untuk selalu tetap berpegang teguh pada Komitmen Netralitas TNI dan menghindari sikap dan perilaku yang menjurus pada politik praktis. TNI bersikap netral dan melaksanakan tugas pengamanan sesuai dengan prosedur yang berlaku”, tegas Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P.

Sebelum mengakhiri amanatnya, Panglima TNI menyampaikan beberapa penekanan, Pertama, Kebhinnekaan yang kita miliki, harus tetap kita jaga dan kita kawal bersama, sebagai perekat Bangsa Indonesia dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa yang digelorakan oleh setiap generasi di tahun politik saat ini dan ke depan. Kedua, Jadikan Prajurit TNI sebagai perekat kemajemukan bangsa, karena TNI merupakan garda terdepan dalam menjaga kerukunan, toleransi dan Kebhinnekaan, sehingga bangsa Indonesia tetap menjadi bangsa yang utuh, kuat dan tangguh.

Ketiga, Tingkatkan kualitas diri Prajurit TNI untuk mencapai standar kemampuan dan profesionalisme, berjiwa satria, militan, loyal dan profesional sehingga mampu menghadapi berbagai bentuk ancaman nyata ke depan. Keempat, Pegang teguh Netralitas TNI dari tingkat atas sampai satuan paling bawah dalam Tahun Politik 2018 dan 2019 ke depan, dengan tetap menjalin komunikasi yang cerdas, harmonis dan bermartabat dalam kerangka efektivitas pencapaian tugas pokok TNI. Kelima, Jaga soliditas TNI dalam sinergitas dengan seluruh komponen bangsa yang telah terjalin selama ini, dengan lebih meningkatkan kerja sama dan kerja bersama yang saling melengkapi dan mendukung, dalam merespon dan menyikapi perkembangan situasi di wilayah.

Hadir dalam upacara bendera tujuh belasan, Komandan Wing 4 Lanud Ats, Kolonel Pnb Bambang Juniar Djatmiko, S.Sos, Komandan Wingdikum, Kolonel Nav I Nyoman Suadnyana, S.T., M.M, para Kepala Dinas Lanud Ats, Komandan Satuan, dan perwira staf Lanud Atang Sendjaja.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando