Home » » Cegah KLB Difteri, Kodiklatal Adakan Imunisasi

Cegah KLB Difteri, Kodiklatal Adakan Imunisasi

Written By portal komando on 2 Feb 2018 | 3:26 PM



Kodiklatal, (02/2). Menindaklanjuti anjuran Kementerian Kesehatan RI untuk melaksanakan vaksinasi difteri fasilitas kesehatan masing-masing, Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Kodiklatal) melalui Satuan Kesehatan (Satkes) menyelenggarakan Imunisasi yang diikuti oleh Komandan Kodiklatal Laksamana Muda TNI Darwanto, S.H., M.A.P. beserta para utama Kodiklatal, Komandan Kodik, Pusdik dan Komandan Sekolah di Lobi Gedung Ki Hajardewantara, Kodiklatal, Bumimoro, Surabaya (2/2).

Menurut Kepala Satkes Kodiklatal Letkol Laut (K) dr. Endra Widjajanto, Sp. KK. Selaku penanggung jawab, kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya penanggulangan dan pencegahan meluasnya KLB (Kejadian Luar Biasa) difteri, khususnya di Kodiklatal. Pada tahap selanjutnya, imunisasi ini akan dilaksanakan terhadap seluruh antap dan siswa Kodiklatal.

Lebih lanjut Kasatkes menyampaikan bahwa difteri sebenarnya banyak dialami oleh anak-anak, karena memiliki daya tahan yang kurang. Namun demikian, bukan berarti orang dewasa secara otomatis bebas difteri. Sebagaimana pada anak, vaksinasi difteri juga perlu diberikan untuk orang-orang dewasa guna mencegah penyebaran penyakit difteri.

Usai pelaksanaan imunisasi, seluruh peserta langsung mengikuti kegiatan olah raga bersama berupa senam kesegaran jasmani dan lari pagi mengitari Bumimoro. Pada kesempatan itu, Komandan Kodiklatal menekankan kembali agar seluruh personel Kodiklatal agar menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, selalu menjaga kebersihan lingkungan, sehingga kita terhindar dari penyakit difteri.

Seorang pemimpin, lanjutnya, harus mempunyai fisik dan mental yang kuat, karena akan sangat berpengaruh pada pelaksanaan tugas sehari-hari. Salah satu caranya adalah dengan berolah raga karena selain bermanfaat untuk memelihara kesehatan dan stamina, juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap segala kemungkinan timbulnya berbagai macam penyakit.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando