Home » » Dandim 1503/Tual Ingatkan Disintegrasi Bangsa Menjelang Pemilukada

Dandim 1503/Tual Ingatkan Disintegrasi Bangsa Menjelang Pemilukada

Written By portal komando on 4 Feb 2018 | 9:01 PM



Menjelang Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) serentak, khususnya di Kota Tual, Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 1507/Tual, Letkol Arh Yoyo Karyo, A. Md mengingatkan agar mewaspadai Disintegrasi Bangsa kepada peserta Intermediate Training LK II Tingkat Nasional Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Tual di Aula Hotel Anugrah, Jalan BTN Perintis, Komplek BTN Koperasi, Kecamatan Dullah Selatan, Kota Tual, Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), Sabtu (03/2).

Hal tersebut disampaikan kepada peserta Training yang di adakan oleh HMI dimana Dandim sebagai salah satu pemberi materi. Dalam pembekalannya Dandim mengatakan bahwa Tahun 2018 merupakan Tahun Politik dimana Kota Tual dan Maluku Tenggara adalah salah satu yang akan menyelenggarakan pesta rakyat tersebut sehingga hal tersebut dapat memicu terjadi disintegrasi yang disebabkan karena faktor ekonomi, sosial maupun politik.

Menurutnya Pilkada di wilayah Maluku menurut Indek Kerawanan Pilkada yang disampaikan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mempunyai tiga dimensi kerawanan yaitu dimensi penyelenggaraan yang dilakukan oleh penyelenggara pilkada, dimensi kontestan yang dilakukan oleh Pasangan Calon (paslon) dan peserta yang dilakukan oleh masyarakat.

“Menurut saya hal ini perlu diketahui dan disampaikan kepada Masyarakat sehingga kita dapat mewaspadai dan mengantisipasi terhadap hal-hal yang tak terduga, Jangan sampai karena perbedaan pendapat kita menjadi terpecah sehingga akan merugikan diri sendiri,” Ujar Letkol Arh Yoyo.

Dandim Juga mengajak seluruh elemen masyarakat termasuk para mahasiswa yang tergabung dalam HMI untuk ikut mensukseskan pilkada serentak 2018 agar tidak terjadi disintegrasi bangsa yang hanya akan merugikan masyarakat Kota Tual dan Kab. Malra.

Selain Dandim, Kapolres Malra, AKBP Fadillah Siregar SIK juga memberikan materi pada acara tersebut. Turut hadir pada acara tersebut Ketua Kordinator HMI Cabang Tual ( Husein Alhamid) dan peserta Training 30 orang. Pada akhir acara Panitia HMI Cabang Tual memberikan Piagam Penghargaan Kepada Dandim 1503/Tual dan Kapolres Malra.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando