Home » » Danpos AL Karangwuni Kulon Progo, Hadiri Pembinaan Pengurus TPI Dan KUB Nelayan.

Danpos AL Karangwuni Kulon Progo, Hadiri Pembinaan Pengurus TPI Dan KUB Nelayan.

Written By portal komando on 6 Feb 2018 | 9:58 AM


Yogya Barat. Sebagai salah satu pemangku wilayah Kemaritiman di Kabupaten Kulon Progo, keberadaan Pos TNI AL Karangwuni sangatlah penting. Baik keberadaanya selaku bagian dari aparatur pengamanan wilayah perairan dan laut, juga sebagai bagian dari stake holder pembinaan yang berkaitan dengan pengelolaan kekayaan sumber daya laut.Senin (05/02/18), Peltu Pom Ali Sarjoko selaku Danposal Karangawuni yang baru,mengantikan Peltu Mar Agus Sumaryanto, menghadiri kegiatan Pembinaan Nelayan wilayah Karangwuni di Aula TPI Karangwuni, tak jauh dari Kompleks Pelabuhan Tanjung Adikarto.

Tampak hadir dalam kegiatan ini selain Danposal Karangwuni Peltu Pom Ali Sarjoko antara lain:
1. Darmadi, A.Pi, M.M. (Kepala PPP Sadeng, Gunung Kidul.
2. Suryadi, S.Kel. (Kepala UPT TPI Karangwuni)
3. Anastastiya M. (Kasubag UPT TPI Karangwuni)
4. Bripka Sujaswanta ( Danpospolair Congot)
5. Puji Waluyo (TPI Glagah)
6. Suhadi (TPI Sindutan)
7. Wachid Asdy (TPI Trisik)
8. Suradi Landung (Kadus Karangwuni/Wakil Ketua Kelompok Nelayan Ngudi Rejeki Karangwuni). Serta beberapa perwakilan dari Pokdarwis dan KUB KUB Nelayan setempat dan KUB Nelayan dari Sadeng, Kabupaten Gunung Kidul.

Suryadi, S.Kel selaku Kepala UPT TPI Karangwuni Kulon Progo, menjelaskan kegiatan ini merupakan kegiatan rutin setiap bulan. Di kesempatan ini juga melaporkan setoran Retribusi Pada Tahun 2017 sebesar Rp 7.000.000,- dari seluruh TPI di Wilayah Kulon Progo. Sedangkan rencana Target minimal tahun 2017 yang hendak diraih sebesar Rp 30.000.000. 

"Dengan hasil retribusi yang terkumpul dari seluruh TPI dan karena tidak mencapai target sehingga untuk target tahun 2018 diturunkan menjadi Rp 24.000.000. Wacana kedepannya untuk meramaikan pelabuhan Tanjung Adikarto ini akan mengundang atau mendatangkan nelayan dari luar daerah untuk meningkatkan pendapatan nelayan dan mencapai target retribusi di Tahun 2018." Jelas Suryadi. S.Kel.

Hal senada juga disampaikan Darmadi, A.Pi, M.M. selaku Kepala PPP Sadeng Kabupaten Gunung Kidul. 

Kehadirannya sebagai kepala PPP Sadeng mendapat tugas, untuk mengelola Pelabuhan Sadeng di Gunung Kidul dan Pelabuhan Tanjung Adikarto di Kulon Progo. Untuk meramaikan atau meningkatkan dan menghidupkan pelabuhan Tanjung Adikarto, berencana mendatangkan nelayan dari luar Karangwuni baik itu dari Sadeng maupun dari Cilacap.

"Karena dimanapun, pelabuhan bisa berjalan dan berkembang pasti nelayannya masuk dari luar. Dengan catatan nelayan dari luar tetap mengikuti aturan yang ada baik itu berupa perda maupun perturan yang berlaku di pelabuhan Tanjung adikarto." Jelas Darmadi, A.Pi.MM.

Karena itu kedepannya pelabuhan Tanjung Adikarto akan melaksanakan pembangunan penambahan alur masuk ke pelabuhan. Dana yang disiapkan 40 Milyar Rupiah dari BBWSO (Balai Besar Wilayah Serayu Opak).

Sementara itu, Peltu POM Ali Sarjoko dalam kapasitas sebagai, Danposal Karangwuni. Menyambut baik apa yang sudah diutarakan dari pihak pihak pengelola maupun dari para Nelayan yang tergabung dalam KUB (Kelompok Usaha Bersama).

"Trimakasih di kesempatan ini, sekaligus saya memperkenalan sebagai Pejabat baru atau sebagai Komandan Posal Karangwuni. Keberadaan Pos AL Karangwuni, pada intinya selalu mendukung kegiatan para nelayan. Selain itu juga kami berharap dapat membantu dan bekerja sama dengan semua pihak. Semoga dengan kesepakatan untuk menghidupkan pelabuhan Tanjung Adikarta dengan mendatangkan nelayan dari luar. Dapat tercapai, namun dengan tetap mengikuti atauran maupun Perda yang berlaku di Kulon Progo" Kata Danposal Karangwuni. (NSR/bang natsir).
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando