Home » » Gapoktan Rukun Tani Desa Gandrungmanis Dianjurkan Menggunakan Pupuk Organik

Gapoktan Rukun Tani Desa Gandrungmanis Dianjurkan Menggunakan Pupuk Organik

Written By portal komando on 15 Feb 2018 | 7:43 PM

 
PK,. (Cilacap) – Danramil Koramil 10/Gandrungmangu Lettu inf. Agus Wantoro berikan sosialisasi bersama Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Cilacap kepada para  petani tentang manfaat penggunaan pupuk organik, Sosialisasi berlangsung di rumah Gapoktan Rukun Tani,  Desa Gandrungmanis,  Kecamatan Gandrungmangu, Kabupaten Cilacap, Kamis (15/02).

Keunggulan penggunaan pupuk organik, selain ramah lingkungan juga dapat mencegah serangan hama wereng cokelat, tikus dan hama lainnya. Selain itu, biaya produksi pupuk organik sangat murah dan terjangkau karena bahan bakunya ada di sekitar lingkungan petani. Kotoran hewan ternak kerbau dan sapi juga sampah jerami bisa diproses untuk dijadikan kompos." Kata Danramil Gandrungmangu Lettu Inf. Agus Wantoro.

Pemerintah Daerah Kabupaten Cilacap mendorong para petani agar dapat mengembangkan pupuk organik guna meningkatkan produksi pangan, dan juga untuk pendapatan ekonomi. "Kami terus melakukan pembinaan dan pelatihan agar petani mampu memproduksi pupuk organik.

Menurut dia, selama ini, petani Kabupaten Cilacap masih ketergantungan kepada pupuk-pupuk non organik, sehingga kerap sekali terjadi kelangkaan, hingga menimbulkan ancaman produksi pangan. Untuk memutus mata rantai ketergantungan pupuk non organik itu, pihaknya mengajak petani agar memproduksi pupuk organik", ungkap Surono dari Dispertanbun.

Ketua Gapoktan Rukun Tani Desa Gandrungmanis, Suparno mengatakan, "lahan pertanian di wilayahnya ada seluas 100 hektare lebih, para petani sejak pengolahan lahan, tanam dan perawatan hingga panen menggunakan pupuk organik dan pestisida. Hal tersebut saya kira tidak ada masalah penggunaan pupuk organik dan pestisida nabati, bahkan sangat menguntungkan. "Kami Gapoktan Rukun Tani Desa Gandrungmanis akan selalu menggunakan pupuk organik."
"tutur Suparno. [ Sty ]
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando