Home » » Panen Padi di Wilayah Kodim 0703/Cilacap Bulan Januari 2018

Panen Padi di Wilayah Kodim 0703/Cilacap Bulan Januari 2018

Written By portal komando on 1 Feb 2018 | 9:37 AM


Cilacap - Panen padi yang dilakukan Babinsa jajaran Kodim 0703/Cilacap sebagai wujud Kemanunggalan TNI-Rakyat dengan membantu  masyarakat untuk memanen padi di wilayah binaannya.

Dalam keterangan Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0703/Cilacap Kapten Inf. Joko Yunanto menjelaskan bahwa rincian luas panen padi pada tanggal 31 Januari 2018 seluas 11,25 hektare, di wilayah Desa Maos Kidul Kecamatan Maos luas panen 2 Ha, Varietas Mapan 05 Provitas 7 Ton per hektare, Desa Pucung Kidul, 
Kecamatan Kroya luas panen 5 hektare, Varietas padi Impari 33 dengan Provitas 6,4 Ton per hektare, selanjutnya luas panen Desa Sikanco, Kecamatan Nusawungu luas panen 1 hektar Varietas padi Pertiwi dengan hasil Provitas 5,6 Ton per hektare, Desa Banjarwaru Kecamatan Nusawungu luas panen 2 hektare Varietas padi Inpari 10 dengan Provitas 7 Ton per hektare dan di Desa Danasri, Kecamatan Nusawungu luas panen 1,25 hektare Varietas padi Pertiwi dengan Provitas 5,6 Ton per hektarnya. Untuk wilayah lain di Cilacap masih nihil.

Sementara untuk harga gabah kering panen (GKP) rata - rata di wilayah Kabupaten Cilacap per Kwintalnya mencapai Rp. 450.000,- (Empat Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah).
 
"Kegiatan pendampingan ini dilaksanakan dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Cilacap." Jelas Pasiter, Kamis (01/02/2018).

Keseriusan Kodim 0703/Cilacap dalam bidang pertanian ini, jajarannya selalu memantau uji petik panen sawah, dalam upaya peningkatan produksi padi lahan Intensifikasi, yang memang menjadi salah satu agenda penting dalam pelaksanaan tugasnya.

Panen padi yang dilakukan merupakan sebagai bentuk dukungan TNI terhadap program ketahanan pangan nasional kerjasama dengan UPT Pertanian. Untuk itu, pihaknya berharap agar program ini dapat mencapai hasil yang maksimal.

"Di awali dari penanaman hingga panen, Babinsa selalu mendampingi dan memantau, ini merupakan bentuk kerjasama antara TNI-AD dan Pemerintah Kabupaten Cilacap dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan Nasional. Kita harapkan semua pihak dapat mensukseskan program ketahanan pangan ini agar produksi pangan semakin meningkat," terang Kapten Joko. [ Sty ]
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando