Home » » Pangdivif 2 Kostrad Resmi Berangkatkan Bansos Malang Peduli Asmat

Pangdivif 2 Kostrad Resmi Berangkatkan Bansos Malang Peduli Asmat

Written By portal komando on 11 Feb 2018 | 9:48 AM


PK,.MALANG,. Kejadian Luar Biasa (KLB) campak dan gizi buruk yang menimpa warga Kabupaten Asmat, Papua juga menjadi duka tersendiri bagi masyarakat Malang dan sekitarnya.

Kejadian ini membangkitkan jiwa sosial mereka untuk membantu saudara-saudaranya yang berada di kawasan timur Republik Indonesia itu, salah satunya dengan mengirimkan bantuan sosial bertema "Bansos Malang Peduli Asmat".

Pengiriman bantuan sosial tersebut dilepas langsung oleh Pangdivif 2 Kostrad, Mayjen TNI Agus Suhardi di Lanud Abdul Rachman Saleh Malang. Sabtu (10/2).

Dalam sambutannya, Mayjen TNI Agus Suhardi menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bukti kongkrit serta wujud nyata rasa kepedulian sebagai komponen bangsa, yang senantiasa saling menolong dan bahu membahu mengatasi setiap kesulitan yang terjadi.

Menurutnya, kasus kejadian luar biasa (KLB) campak dan gizi buruk ini merupakan akibat dari beragam masalah yang tidak tertangani. Baik itu dari sisi perilaku kesehatan, ketahanan pangan, infrastruktur, dan bahkan politik.
Disamping itu persoalan ketersediaan pangan juga menjadi salah satu pemicu permasalahan, dimana penduduk lokal hanya mengkonsumsi umbi-umbian yang ditanam seadanya.

Lebih lanjut Pangdiv menjelaskan bahwa sebenarnya pemerintah telah bekerja keras dalam penanggulangan Kejadian Luar Biasa ini sejak pertengahan Januari 2018 yang lalu, yakni dengan menerjunkan Satuan Tugas Kesehatan dari unsur TNI, Polri, yang bekerja sama dengan Kementrian Kesehatan dan unsur terkait lainnya.

"Tentunya patut kita apresiasi, karena saat ini jumlah kasus wabah campak dan gizi buruk di Kabupaten Asmat telah mengalami penurunan yang signifikan, dan pemerintah juga telah resmi mencabut status Kejadian Luar Biasa tersebut", ungkap Pangdiv.

"Kendati demikian, perlu pendampingan warga pada pelayanan kesehatan yang harus terus dilakukan dalam kurun waktu yang lebih lama", imbuhnya.

Dihadapkan dengan kondisi tersebut, seluruh unsur TNI, Polri dan Pemerintah Daerah serta seluruh komponen masyarakat di Wilayah Malang ikut terpanggil untuk turut serta berperan aktif melanjutkan kegiatan operasi kemanusiaan ini melalui kegiatan pemberian bantuan sosial.

Bantuan yang terdiri dari bahan makanan, pakaian, dan peralatan tidur, dengan total berat sekitar 10 ton tersebut diberangkatkan ke Kabupaten Asmat, Papua dari Lanud Abdul Rachman Saleh Malang, pukul 09.45 WIB menggunakan Pesawat Hercules.

Pangdivif 2 Kostrad juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya serta ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dan mendukung program kegiatan ini, sehingga diharapkan dapat berjalan dengan lancar, tertib dan aman.

"Semoga dengan dikirimkannya bantuan ini dapat meringankan beban saudara-saudara kita yang berada di Asmat", harap Pangdiv.

Turut hadir pada acara tersebut Danlanud Abd. Saleh, Danrem 083/BDJ, Wakil Asisten Teritorial Kasdivif 2 Kostrad, unsur Muspida Kota dan Kabupaten Malang, Muspida Kota Batu, Komandan Satuan Jajaran Lanud Abd. Saleh serta Kapolres dan Kapolresta Pasuruan.











Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando