Home » » Peran Aktif Danlanal Yogyakarta Dalam Mendukung Program Pembangunan Wilayah DIY.

Peran Aktif Danlanal Yogyakarta Dalam Mendukung Program Pembangunan Wilayah DIY.

Written By portal komando on 1 Feb 2018 | 1:32 PM


Yogyakarta. Dalam upaya ikut serta berperan aktif mendukung program pembangunan di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, yang juga merupakan sentral wilayah kerja Pembinaan Kekuatan Pertahanan Laut Lanal Yogyakarta. Rabu (32/01/18) bertempat di Ball Room Borobudur Hotel INA Garuda Jl. Suryatmajan 60, Danurejan Yogyakarta, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Yogyakarta mengikuti Rapat Musyawarah Perencanaan Pembangunan/Musrenbang Tingkat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta untuk penyusunan dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah/RPJMD DIY Tahun 2018, dengan penanggung jawab Kepala Bappeda DIY,Tavip Rayanto. Musrenbang sendiri diikuti sekitar 300 orang.



Kegiatan Musrenbang DIY Tahun 2018 dihadiri pejabat pemerintah pusat dan daerah, diantaranya Mendagri RI Tjahjo Kumolo, Wakil Menteri Keuangan RI Prof. dr. Mardiasmo, M.B.A Gubernur DIY Sri Sultan HB.X, Wakil Gubernur DIY KGPAA Pakualam X, Ketua DPD DIY GKR Hemas, Ketua DPRD DIY H. Yoeke I.A., Bupati dan Walikota se DIY.
Sedangkan dari pejabat TNI Polri tampak hadir, Danrem 072/Pamungkas Kolonel Kav Muhammad Zamroni, S.IP, Kapolda DIY Brigjen Pol Ahmad Dofiri, Danlanal Yogyakarta Kolonel Laut (P) Arya Delano, S.E, M.Pd serta pimpinan civitas academi/rektor universitas se DIY.

Sebagai sambutan awal dari Gubernur DIY Sri Sultan HB X, menyampaikan bahwa RPJMD DIY Tahun 2017-2022 merupakan penjabaran visi, misi dan program pembangunan daerah, sekaligus sebagai cerminan dari tema visi dan misi yang pernah disampaikan dihadapan Sidang Paripurna DPRD DIY pada 2 Agustus 2017, yaitu “Menyongsong Abad Samudera Hindia untuk Kemuliaan Martabat Manusia Jogja”, konsisten dengan semangat visi RPJMD DIY periode sebelumnya “Among Tani Dagang Layar”, yang menitikberatkan pada pengembangan potensi wilayah selatan untuk mengurangi kemiskinan dan ketimpangan wilayah yang menurut data memang masih banyak dijumpai di wilayah selatan DIY.

Sedangkan sambutan oleh Mendagri RI Tjahyo Kumolo, disampaikan bahwa Musrenbang RPJMD Tahun 2018 merupakan rangkaian proses strategis yang dibangun sebagai wahana untuk berdiskusi berembuk atau melakukan tukar pikiran antara pemangku kepentingan baik pemerintah akademisi swasta, LSM maupun masyarakat yang menjadi mementum penting dalam mengakomodir usulan usulan pembangunan dari bawah sehingga diharapkan menjadi rangkaian sinergis yang akan memberikan nuansa kolaborasi dalam perencanaan pembangunan antara DIY dengan Kab/Kota secara lebih baik saling berkaitan serta memiliki indikator terarah dan terukur.

Kegiatan Musrenbang DIY dilanjutkan dengan diskusi panel oleh seluruh unsur stakeholders, baik dari kementrian terkait, unsur SKPD Pemprov dan Pemda DIY, TNI Polri, LSM serta civitas akademi se DIY. Upaya penajaman dan pembahasan program-program kerja di tahun 2018 dan rangkaian Musrenbang DIY ditutup dengan rapat pleno. (NSR/bang natsir).
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando