Home » » Sertu Moch. Ismail : Lahan Sawah Seluas 25 Hektare Menghasilkan Padi 8,9 Ton per Hektare

Sertu Moch. Ismail : Lahan Sawah Seluas 25 Hektare Menghasilkan Padi 8,9 Ton per Hektare

Written By portal komando on 15 Feb 2018 | 7:45 PM


Cilacap - Pendampingan panen padi varietas Ciherang yang dilakukan Babinsa Koramil 15/Karangpucung Sertu Moch. Ismail ini di lahan sawah seluas 25 Hektare milik kelompok Ttani (Poktan) Sukur Laksana Dusun Cijeruk, Desa Surusunda,  Kecamatan Karangpucung, Kabupaten Cilacap, Kamis (15/2).

Bukan hanya Babinsa, PLL Kecamatan Karangpucung pun turut mendampingi saat petani memanen padinya.Pendampingan panen padi dilaksanakan diatas lahan milik kelompok tani "Sukur Laksana" seluas 25 Hektare.

Dalam pelaksanannya, kelompok tani Sukur Laksana mengunakan alat perontok padi milik Pemerintah Desa Surusunda. Dengan bimbingan dari Babinsa dan PPL para petani dapat menggunakan alsintan tersebut dengan baik,  sehingga proses panen menjadi lebih menghemat waktu dan tenaga. Selain itu, dengan menggunakan alsintan perontok padi kualitas gabah yang dihasilkan lebih bersih daripada menggunakan alat tradisional". Ujar Sertu Moch. Ismail, Kamis (15/02).

Menurutnya, kegiatan pendampingan panen padi ini merupakan bentuk dukungan Koramil 15/Karangpucung, Kodim 0703/Cilacap dalam rangka mensukseskan Program Swasembada Pangan Nasional. 
Padi unggul jenis Ciherang ini di panen dengan alat pemanen padi modern. Kata Babinsa, " Varieas padi Ciherang di areal persawahan Kecamatan Karangpucung sangat cocok dan terbukti mampu meningkatkan produktifitas hasil panen padinya", kata Babinsa Sertu Moch. Ismail.

Pada kesempatan terpisah Danramil 15/Karangpucung Kapten Inf. Yusuf Subagyo menegaskan, "Tindakan untuk mendukung para petani di desa binaan di wilayah Koramil Karangpucung merupakan perintah langsung dari Komando atas, kami selaku aparat Kewilayahan akan selalu siap untuk melakukan  mendampingan para petani.

Dengan cara mengoptimalkan peran para Babinsa dan selalu berkoordinasi dengan pihak terkait, serta pihak manapun demi suksesnya program ketahanan pangan Nasional khususnya di wilayah Kecamatan Karangpucung dan Kabupaten Cilacap pada umumnya." Tandas Kapten Inf. Yusuf Subagyo. [ Sty ]
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando