Home » » Sosialisasi Pemasangan Regulator Pada Tabung Elpiji

Sosialisasi Pemasangan Regulator Pada Tabung Elpiji

Written By portal komando on 6 Feb 2018 | 3:48 PM


Surabaya, 06 Februari 2018 ,.Bertempat di halaman kantor Dinas Penerangan (Dispen) Koarmatim, anggota Dispen menerima sosialisasi tentang pemasangan regulator dan penanganan bahaya kebocoran pada selang tabung gas elpiji dari personel Koperasi Pertamina (Kopana), Ujung Surabaya. Selasa, (06/02/2018). 

Dengan mempraktekan tentang penggunaan regulator buatan dari Pertamina, disampaikan cara pemasangan regulator yang benar. “Pasanglah regulator gas ke tabung elpiji dengan cara menekan bagian tengah regulator dengan tangan kiri sementara tangan kanan mengaktifkan knop regulator dengan cara memutarnya ke bawah berlawanan jarum jam. Tekan tombol kuningan otomotif dan pastikan jarum meter pengukur tekanan bergerak kearah kanan. Jika bergerak berarti pemasangan telah dilakukan dengan sempurna”. 

Prajurit Dispen Armatim juga diajarkan cara mengatasi atau memadamkan kebakaran pada tabung elpiji, “Jangan panik apabila mendapati gas di dapur mengalami kebocoran dan jangan pula berlari atau menyiram air apabila ada api yang keluar dari selang yang bocor, Anda cukup mencabut regulator yang menancap pada tabung LPG, maka api akan mati dengan sendirinya”, kata Bapak Imron. 

Kebocoran ini disebabkan kondisi “seal karet” yang terpasang di tabung sudah lemah sehingga tidak dapat menahan tekanan gas dari tabung pada saat regulator dipasang. Lemahnya ”seal karet” ini karena turunnya daya pegas atau daya lenting karet. 

Diharapkan setelah menerima sosialisasi ini agar seluruh prajurit memahami dan mengerti serta dapat mengatasi apabila terjadi permasalahan kebocoran pada Regulator dan tabung elpiji.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando