Home » » TNI AL Gelar Pencanangan Vaksinasi Difteri Serentak Di Mabesal

TNI AL Gelar Pencanangan Vaksinasi Difteri Serentak Di Mabesal

Written By portal komando on 2 Feb 2018 | 4:09 PM


            Jakarta, PK- -- Dalam rangka memberikan tindakan pencegahan Kejadian Luar Biasa (KLB) penyakit Difteri, TNI Angkatan Laut menggelar vaksinasi difteri secara serentak tahap I  kepada seluruh Prajurit TNI Angkatan Laut. Kegiatan Vaksinasi ini dibuka oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., Jumat (02/02) di Auditorium Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur.
            Penyakit difteri telah menyebar  di 20 provinsi dan 95 kabupaten di wilayah Indonesia pada tahun 2017, sehingga perlu dilaksanakan upaya penanggulangan untuk memutus rantai penularan, menurunkan jumlah kasus dan mencegah meluasnya dampak penularan penyakit difteri di wilayah Outbreak Response Immunization (ORI).
            Kegiatan vaksinasi dilaksanakan di ORI  seluruh Kotama TNI AL yang meliputi Mabesal, Koarmatim, Seskoal, Koarmabar, Kormar terdiri dari 3 wilayah yakni Jakarta, Surabaya dan Lampung,  AAL, Kodiklatal, Lantamal III  dilaksanakan di wilayah Jakarta, Bandung, Cirebon, Bangka Belitung, Palembang dan Lampung,  Lantamal V dilaksanakan di Surabaya, Batu Poron, Malang dan Banyuwangi, sedangkan  Puspenerbal diadakan di Jakarta dan Surabaya.
            Dalam amanatnya Kasal mengatakan bahwa, dukungan logistik kesehatan dalam bentuk vaksin difteri sejumlah 60.000 ampul untuk 563.394 anggota TNI Angkatan Laut akan didistribusikan ke wilayah ORI tersebut dalam tiga tahap, mulai bulan Januari sampai dengan Juli 2018.
            Saat ini untuk tahap I  telah terdistribusi sebanyak 15.000 ampul. “Diharapkan para kasatker dapat memfasilitasi pelaksanaan program vaksinasi ini sehingga dapat berjalan dengan baik dan lancar”, ujar Kasal. Pada pelaksanaan vaksinasi difteri tahap selanjutnya, petugas tim vaksinasi akan mendatangi anggota di satker masing-masing.
Adapun  teknis pelaksanaan vaksinasi adalah dengan mengocok terlebih dahulu sebelum digunakan untuk menghomogenkan suspensinya, menyimpan vaksin pada suhu 2-8ºC, melindungi dari cahaya dan tidak dibekukan, pemberian secara intramoskular dengan dosis 0,5 ml dan pemberian vaksin ini bersifat vaksinasi lanjutan (booster/1 kali suntikan).
            Turut hadir dalam kegiatan tersebut para pejabat utama Mabesal, para Pimpinan Kotama, Kadiskesal, Tim Satgas difteri TNI AL dan para undangan terkait lainnya.

Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando