Home » » Babinsa Tegalgede Dampingi Panen Pok Tani Diwilayahnya

Babinsa Tegalgede Dampingi Panen Pok Tani Diwilayahnya

Written By portal komando on 16 Mar 2018 | 2:46 PM



Jember. Pendampingan pertanian pada Maret 2018 ini sudah memasuki musim panen untuk musim tanam Oktober 2017-Maret 2018, sehingga Babinsa aktif turun ke Sawah untuk memaksimalkan penyerapan gabah petani.

Seperti yang dilakukan oleh Lingkungan Krajan Barat Babinsa Kelurahan Tegalgede Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Sertu Tarigan bersama Petugas Penyuluh Lapang (PPL) yang melaksanakan pendampingan di lahan Kelompok Tani (Pok Tani) Rukun Makmur milik Nurholis yang memanen padinya seluas 1 hektar.

Pada kesempatan tersebut Nurholis saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa dengan adanya pola pendampingan akhir-akhir ini petani cukup termotivasi karena disamping mendapatkan bimbingan tehnis dari PPL maupun Babinsa, sejak tanam hingga panen kita tanaman kita juga aktif dimonitor oleh mereka sehingga kami tidak keseulitan apabila terjadi kendala.

Hal lainnya yang sangat membantu yaitu persediaan alat mesin pertanian baik untuk mengolah, menanam hingga memanen yang disediakan dengan bantuan pemerintah, bahkan pupuk da obat-obatan pun tidak pernah kesulitan karena distribusinya mendapatkan pengawasan ketat oleh Babinsa.

Untuk itu atas nama petani saya menyampaikan terima kasih dengan adanya pendampingan ini . kata Nurholis.

Komandan Koramil 0824/11 Sumbersari Kapten Inf Suharyono saat dikonfirmasi membenarkan adanya kegiatan anggotanya tersebut, bahkan dirinya sudah memerintahkan kepada Babinsa guna mengoptimalkan serapoan gabah petani agar hasil panen petani dihimbau untuk dijual ke Bulog atau petugas dari Satuan Tugas (D=Satgas) Serapan Gabah Petani (Sergap) yang ditunjuk.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar sangat mendukung upaya yang dilakukan oleh jajarannya tersebut, kita harus mampu meningkatkan serapan gabah petani dari tahun sebelumnya guna memantapkan persediaan gabah/beras Bulog Sub Divre Jember sebagai bagian dari mewujudkan swa sembada pangan.

Memang harga HPP Bulog maih dibawah Rp. 4.000/Kg gabah namun dengan penjualan petani ke Bulog Sumb Divre jember atau petugas penyerapan tentunya akan membantu mempermudah pemerintah dalam mengatur sirkulasi beras sesuai kebutuhan serta menstabilkan harga beras di pasaran. (sis24)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando