Home » » Binsiap Apwil Dan Puanter Bagi Prajurit Kodim 0731 Kulon Progo.

Binsiap Apwil Dan Puanter Bagi Prajurit Kodim 0731 Kulon Progo.

Written By portal komando on 15 Mar 2018 | 6:45 PM


Yogya Barat. Guna meningkatkan kemampuan Aparat Kewilayahan yang tangguh, Kodim 0731/Kulon Progo, Rabu (13/03/18) mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai bertempat di Aula Makodim, menyelenggarakan kegiatan Binsiap Apwil dan Puanter Triwulan I Tahun Anggaran 2018. Kegiatan dipimpin oleh Letkol Armed Teguh Tri Prihanto Usman, S. Sos. M/M. (Dandim 0731/Kulon Progo), dan diikuti oleh seluruh prajurit. Pelaksanaan kegiatan ini mendapat pengawasan langsung dari Tim Wasev Korem 072/Pmk, yang dipimpin oleh, Mayor Inf Heru Parmadi (Pasi Bhakti TNI Rem 072/ Pmk).

 
Dandim menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan Program Pusterad yang harus dilaksanakan. Materi yang disampaikan antara lain Sikap Teritorial, Lima Kemampuan Teritorial dan Metode Binter, Penanggulangan Bencana Alam dari BPBD Kulob Progo, Ketahanan Pangan dari Dinas Pertanian dan Pangan Kulon Progo serta Terorisme dari Polres Kulon Progo.

AKP Munarso (Kasubag Hukum Polres Kulon Progo) dalam paparannya menyampaikan bahwa ancaman pemecah persatuan dan kesatuan bangsa saat ini adalah radikal, propaganda dan narkoba. Media sosial mempunyai pengaruh besar terhadap perkembangan generasi muda. Radikalisme adalah paham yang merubah pola pikir masyarakat dengan menggunakan kekerasan.
 
"Bentuk ancaman berkaitan dengan radikalisme adalah provokasi dan propaganda yang dengan mudah disebarkan lewat media sosial. Radikalisme tumbuh karena tipisnya Wawasan Kebangsaan dan Pemahaman UUD 1945 yang dipahami oleh masyarakat." jelas AKP Munarso SH.
 
Untuk menangkal itu semua peran tokoh agama, penyuluhan dari aparat pemerintah sangat dibutuhkan. 

Narasumber dari BPBD lebih menitik beratkan pada penyampaian kondisi wilayah Kulon Progo yang memiliki tingkat kerawanan bencana alam. Sementara itu, Ir. Tri Hidayatun dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo, mengajak kepada prajurit terutama Babinsa untuk lebih meningkatkan lagi perannya dalam program Upsus agar swasembada pangan menuju ketahanan pangan nasional semakin meningkat. 

Sikap Teritorial, Lima Kemampuan Ter dan Metode Binter adalah materi yang selanjutnya disajikan oleh narasumber dari Kodim 0731/Kulon Progo.
 
Diakhir acara dilaksanakan evaluasi kegiatan oleh Kapten Inf Triyono (Pasiter Kodim 0731/Kulon Progo), teriring ucapan terima kasih kepada seluruh narasumber dan prajurit yang telah dengan antusias dan penuh semangat mengikuti kegiatan ini sampai selesai. Harapannya semoga Prajurit dapat mengerti dan memahami apa yang telah disampaikan oleh narasumber.(NSR/bang natsir).
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando