Home » , » Dandim 0731 Kulon Progo, Tanam Jagung Bersama Masyarakat.

Dandim 0731 Kulon Progo, Tanam Jagung Bersama Masyarakat.

Written By portal komando on 22 Mar 2018 | 3:04 PM


Yogya Barat. Kamis pagi (22/03/18) bertempat di Bulak Kelompok Tani Pasir Sari Pedukuhan II, Desa Pleret, Kecamatan Panjatan, Kabupaten Kulon Progo telah berlangsung Gerakan Perluasan Area Tanam Baru Tanam Jagung MT I seluas 12 Ha yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kulon Progo, Kodim 0731/ Klp dan Poktan Pasir Sari Pleret II. 

Dalam kegiatan ini hadir dilapangan antara lain :
1. Letkol Arm Teguh Tri Prihanto U, S.Sos., MM (Dandim 0731/ Klp)
2. Ir. Bambang Budi Tri (Kadistan Kabupaten Kulon Progo).
3. Sudarmanto, S.IP., M.Si (Camat Panjatan).
4. Kapten Inf Suhut (Pjs. Danramil 10/ Panjatan)
5. AKP Gunardi Tejomurti, SH., MH (Kapolsek Panjatan)
6. R. Widoyoko (Kades Pleret)
7. Arkani (Kadus II Pleret)
8. Budi Prasetyo (Ketua Poktan Pasir Sari)
Serta para petani dan masyarakat sekitar.
Dalam sambutanya, Letkol Arm Teguh Tri Prihanto U, S.Sos., MM (Dandim 0731/ Klp) menguraikan antara lain bahwa kegiatan ini sangat penting sekali karena pemanfaatan lahan selama ini yang terbengkalai, agar diikuti poktan lainnya.
Dari Kodim membantu para petani sehingga sarana dan prasarana para petani yang ada kendala dapat teratasi dengan peralatan pertanian dan berkoordinasi dengan Koramil maupun Kodim.
"Diharapkan agar kedepan untuk PATB Kecamatan Panjatan seluas 580 Ha sehingga dapat memujudkan swasembada pangan untu Kulon Progo khususnya." Terang Dandim di sela sela kegiatan.

Sementara itu, Ir. Bambang Budi Tri (Kadistan Kabupaten Kulon Progo) di lokasi yang sama menambahkan, Atas nama Distan Kulon Progo mengucapkan terima kasih atas komitmen untuk mendukung pembangunan pertanian di Kulon Progo khususnya kepada Poktan Pasir Sari Pleret II, dan dukungan dari Kodim 0731 Kulon Progo.

"Ini adalah awal untuk mengubah bentuk lahan yang ada disekitar kita, lahan disini walaupun dekat dibibir pantai tetapi airnya tawar. Dengan kondisi sumber daya alam ini, ada petaninya, ada teknologi dan ada perkumpulan poktannya diharapkan dapat di olah sehingga memberi manfaat kepada warga" jelas Kadistan Kabupaten Kulon Progo ini.
 
Komunikasi dan koordinasi antar instansi sesuai peran masing-masing sesuai fungsinya, dukungan dari Pemerintah untuk PATB ini berupa benih, pupuk dan diharapkan ada swadaya dari masyarakat.

Untuk dukungan traktor roda 4 juga dilibatkan disini sehingga perluasan lahan akan semakin maksimal. Lahan yang semula semak-semak ini, dapat segera berubah menjadi lahan pertanian yang bermanfaat bagi masyarakat.
 
Untuk wilayah Desa Pleret, PATB yang ditanami jagung luas sekitar 230 Ha sehingga waktu panen dapat memberi kontribusi jagung yang ada di Kulon Progo.(NSR/bang natsir).
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando