Home » , , » Dispotmar Gelar Rapat Persiapan Latihan Penanggulangan Bencana Alam Masyarakat Maritim

Dispotmar Gelar Rapat Persiapan Latihan Penanggulangan Bencana Alam Masyarakat Maritim

Written By portal komando on 29 Mar 2018 | 6:32 PM


PK,.JAKARTA,. Kamis,(30/3). Dinas Pembinaan Potensi  Maritim  (Dispotmar) dan satuan penyelaman bawah air  TNI AL  gelar rapat persiapan Latihan Penanggulangan Bencana Alam Masyarakat Maritim bertempat di gedung Dispotmar Mabesal, Jakarta Utara .Kamis,29 Maret 2018. 


Acara ini secara tesmi dibuka oleh Kepala Dispotmar, Brigjen TNI (Mar) Bambang Sutrisno, S.H., M.Tr (Han) dan dihadiri oleh Sekda Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Asops Kodam II Sriwijaya, Dandim 0419/Tanjung Jabung, perwakilan BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana),  BPBD Prop Jambi, Karoops Polda Jambi ,  BPBD Kab Tanjung Jabung Barat, perwakilan SKK Migas dan lembaga usaha (PT. WKS).

Menurut Dansatgas Latihan, Kolonel Laut (T) Erwin Cristyadi Gora (Kasatlambair), latihan penanganan bencana alam kebakaran hutan dan lahan di Jambi sangat penting sebab karhutla lebih banyak diakibatkan oleh manusia (man-made) sehingga diperlukan upaya bersama untuk pencegahan dan penanganannya. 

Sementara itu, Tanty S Reinhart Thamrin tim dari Badan Nasional Penanggulanan Bencana (BNPB) menjelaskan bahwa melalui latihan ini juga diharapkan dengan melibatkan semua pihak termasuk masyarakat, untuk meningkatkan kesadaran dalam mengurangi potensi karhutla dan meningkatkan kapasitas melaksanakan operasi penanganan karhutla bagi para pihak terkait, sekaligus sosialisasi dan kampanye untuk menjaga hutan agar tidak melakukan pembukaan lahan dengan pembakaran,harap Tanty. 

Kolonel Laut (P) Iman Teguh Santoso ( Sekdispotmar)  juga menambahkan bahwa latihan ini adalah upaya untuk mengitegrasikan semua kekuatan dan kemampuan untuk bersama- sama masyarakat dengan melakukan edukasi pencegahan karhutla dan meningkatkan kapasitas pelaksanaan penanganan karhutla,tambahnya.

Dalam hasil rapat ini menyepakati, beberapa point  antara lain : Kesiapan sumberdaya latihan, penanggulangan bencana alam masyarakat maritim , penanganan kebakaran hutan dan lahan gambut.

Puncak latihan penanganan bencana alam kebakaran hutan dan lahan ini akan di laksanakan  di Kuala Tungkai Tanjung Jabung Barat Prop Jambi  pada tanggal 16 sampai 19 April 2018. Acara berjalan aman dan lancar, diakhiri dengan sesi foto bersama.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando