Home » » Drs.H.Asikin : Monitoring Evaluasi,Tingkatkan kualitas dan kuantitas Kegiatan penggarapan Khusus KB MKJP Wil.VI Jampang Kulon

Drs.H.Asikin : Monitoring Evaluasi,Tingkatkan kualitas dan kuantitas Kegiatan penggarapan Khusus KB MKJP Wil.VI Jampang Kulon

Written By portal komando on 5 Mar 2018 | 10:22 AM

 
PK,.SUKABUMI,.Program Keluarga berencana Saat ini makin bergeser pada peningkatan kualitas kontrasepsi yang digunakan Akseptor,kontrassepsi selama ini menjadi Primadona Akseptor yaitu, Pil dan Suntik.Sekarang Akseptor diarahkan pada kontrasepsi berbasis jangka panjang dengan tingkat kegagalan lebih rendah serta ekonomis.
 

Untuk menggiring Akseptor tersebut agar menggunakan metode Kontrasepsi jangka panjang (MKJP) maka kegiatan difokuskan pada Penggarapan Khusus (Rafsus) di wilayah VI Jampang Kulon di 9 Kecamatan guna meningkatkan capaian KB MKJP di wilayah tersebut. 

Penggarapan Khusus (RAFSUS) KB MKJP merupakan salah satu kegiatan Program Keluarga Berencana yang pada dasarnya meraih Akseptor baru dan ganti Cara (GC) sesuai dengan perkiraan permintaan kebutuhan Masyarakat (PPM)  yang diharapkan .Dan semuanya bermuara pada kualitas Akseptor Baru KB dan GC MKJP yang makin meningkat. 

Hal tersebut disampaikan oleh Kasi Jaminan mutu pelayanan KB Drs. H. Asikin kepada Portal Komando Sabtu,(3/3/2018).

Lebih lanjut Dirinya menyampaikan bahwa,sesuai dengan DPA bidang KB DPPKB Kabupaten Sukabumi Tahun 2018 yang sub kegiatanya Salah satunya adalah RAFSUS KB di 9 Kecamatan untuk meningkatkan capaian MKJP seperti IUD dan Implant di wilayah VI Jampang Kulon diantranya, Kecamatan Kalibunder, Cimanggu, Jampangkulon, Waluran, Cibitung, Ciemas, Ciracap, Surade dan Tegalbuleud. 

Menurut H. Asikin  Giat RAFSUS  tak lepas dari Monitoring Kabupaten dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana PLKB, TPD, TPPD melaksanakan mekanime Operasional Lini Lapangan (MEKOP)  dan 10 langkah kerja PLKB ,hasil dan Kualitas kinerja PLKB dan apakah dengan adanya RAFSUS tersebut kualitas dan kualitas pelayanan semakin meningkat ?maka disinilah Kegiatan Monitoring semakin meningkat.

Berdasarkan fakta fakta dilapangan,ternyata dengan adanya Monitoring Evaluasi RAFSUS kualitas dan Kuantitas pelayanan KB semakin meningkat.Dari data-data hasil kegiatan RAFSUS di wilayah VI Jampang Kulon pencapai PPM meningkatkan dan dibarengi dengan Kualitas dan Kuantitas pelayanan juga semakin meningkat.PB IUD :33 PB IMP:288,GC IUD:8 IMP:37,pencabutan IMP 26,Pembinaan Implan  112,Jumlah  IUD 41 
Implan 537.

Kasi jaminan mutu pelayanan juga sangat mengapresiasi keberhasilan Kegiatan Rafsus tersebut.Yang pertama  Saya mengucapkan terimakasih kepada Bapak Bupati Sukabumi Kepala dinas DPPKB, kabid KB KR, Pak Camat, Para kepala Desa, pengawas pelayan KB serta kepala puskesmas sewilayah  VI jampang Kulon, karena Al-hdulillah berkat dukungan dari semua Pihak Kegiatan Rafsus ini berjalan dengan Lancar.

"Saya juga terharu dan bangga kepada para PLKB, TPD dan TPPD dapat melaksanakan tugas dengan maksimal walaupun hanya ditunjang dengan anggaran seadanya.Seraya menghimbau dan mengajak kepada seluruh Elemen Masyarakat untuk terus meningkatkan Program KB agar sulabumi ini semakin sejahtera, sehat, mandiri dan berkualitas.Ayo ikut KB Dua anak Cukup. "Pungkasnya. 
(Hasbi)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando