Home » , » Keberhasilan Latihan Bukan dari Hasil Produk Latihan, Namun Kesungguhan dan Semangat Peserta Latihan

Keberhasilan Latihan Bukan dari Hasil Produk Latihan, Namun Kesungguhan dan Semangat Peserta Latihan

Written By portal komando on 29 Mar 2018 | 2:25 PM


Kodiklatal, 29 Maret 2018 ,.Keberhasilan latihan bukan hanya ditentukan oleh hasil dari produk latihan, namun kesungguhan dan semangat peserta latihan menjadi faktor yang paling penting. Dengan kesungguhan dan semangat yang tinggi akan memberikan hasil yang positif terutama pada implementasi latihan yang sesungguhnya.

Demikian amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksmana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P yang dibacakan Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksda TNI Darwanto, S.H., M.A.P dalam penutupan Latihan Penyususnan Naskah Latihan (Latsunnaslat) Tahun 2018 yang dilaksanakan di gedung Betelgeuse Pusdiklapa Kesatrian Bumimoro Kodiklatal, Kamis, (29/3).

Menurutnya segala kekurangan yang terjadi selama latihan hendaknya tidak dijadikan kendala untuk menurunkan kualitas latihan, namun dapat dijadikan peluang untuk lebih meningkatkan semangat berlatih. Adapun semua temuan pada saat latihan dapat dievaluasi dan dijadikan masukan kepada pimpinan TNI Angkatan Laut, untuk kesempurnaan latihan selanjutnya.

Latasunaslat tahun 2018, yang dilaksanakan sejak tanggal 22 sampai dengan 29 Maret 2018 ini, merupakan latihan untuk meningkatkan kemampuan perwira dalam mengaplikasikan proses perencanaan pada berbagai skala latihan, baik latihan internal Tni angkatan laut maupun latihan yang melibatkan interoperabilitas dengan matra lain.

Latihan yang diikuti 40 pamen TNI AL dari berbagai Kotama ini merupakan wahana yang sangat efektif untuk menghasilkan perwira-perwira yang cakap dan terampil dalam menyusun perenca-naan latihan, sehingga mampu menghadapi berbagai tantangan tugas ke depan.

Dalam penutupan latihan tersebut Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P memberikan beberapa penekanan kepada peserta latihan untuk dipedomani dan dilaksanakan, pertama mempertahankan dan meningkatkan kemampuan yang sudah dicapai dalam Latsunaslat tahun 2018 guna meningkatkan profesionalitas perwira. Kedua mengiimplementasikan seluruh materi yang telah dilatihkan pada pelaksanaan latihan yang sesungguhnya, dengan tetap memperhatikan dinamika latihan di lapangan. Sedangkan penekanan ketiga agar menjadikan hasil ataupun produk Latsunaslat tahun ini sebagai bahan masukan untuk penyempurnaan naskah-naskah latihan TNI Angkatan Laut ke depan.

Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando