Home » » Kodam Pattimura Gelar Lomba Ton Tangkas Antar Satuan

Kodam Pattimura Gelar Lomba Ton Tangkas Antar Satuan

Written By portal komando on 7 Mar 2018 | 8:31 AM

Ambon, (06/03) “Tujuan dan sasaran yang diharapkan dengan diadakannya pelombaan Ton tangkas antar Satuan ini yaitu untuk menguji dan mengevaluasi kemampuan prajurit tentang pencapaian profesionalitas dan semangat juang serta motivasi Satuan setingkat Peleton dalam pencapaian keberhasilan Pembinaan Satuan”, demikan penyampaian Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto dalam amanatnya pada Upacara Pembukaan Lomba Ton Tangkas Tingkat Kodam XVI/Pattimura TA. 2018, yang bertempat di Lapangan Mako Yonif Raider 733/Masariku, Desa Waeheru, Kecamatan Baguala, Kota Ambon, Sabtu (03/03) pagi.

Kegiatan yang direncanakan berlangsung selama 6 hari yang dimulai dari tanggal 03 Maret s.d 08 Maret 2018 ini, melombakan beberapa materi seperti Materi Menembak yang terdiri dari menembak Senapan jarak 100 meter dan Menembak Pistol, Materi Bidang Oramil antara lain Cross Country, Renang Militer, Halang Rintang dan Kesegaran Jasmani “A” Lari 3200 meter. Selanjutnya Materi Militiknik diantaranya Teori dan Praktek Ilmu Medan serta HTF yaitu Naik Togle, Turun Hesty, Jembatan Tali Tiga, Peluncuran, Rayapan Tali Satu, Jaring Pendarat, Snapling, dan Lempika (Lempar Pisau Kampak). Perlombaan Ton Tangkas ini diikuti oleh 12 Tim yang mewakili masing-masing Satuan Tempur (Satpur) maupun Satuan Bantuan Tempur (Satbanpur) yang ada di Kodam XVI/Pattimura, 6 peleton dari Satuan Yonif Raider 733/Masariku, 2 peleton dari Satuan Yonif 731/Kabaresi, 2 peleton dari Satuan Denkav 5/BLC dan 2 Peleton dari Satuan Denzipur 5/CMG.

Pangdam XVI/Pattimura juga menghimbau tidak hanya kepada para unsur komandan tetapi juga masing – masing anggota untuk memperhatikan kondisi fisik sebelum maupun setelah pelaksanaan kegiatan. Selain itu agar memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan dalam setiap pelaksanaan kegiatan lomba nantinya.

Lebih lanjut Pangdam menegaskan kepada para peserta agar mengikuti lomba ini dengan selalu menjunjung tinggi jiwa dan semangat sportivitas yang tinggi, sehingga melalui kegiatan ini dapat terlahirkan prajurit yang berkualitas yang dapat dibanggakan serta mampu bertanding pada event-event nasional. Saya berharap pula agar lomba Ton Tangkas kali ini dapat dijadikan sebagai wahana untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan diantara warga Kodam XVI/Pattimura.

Berdasarkan data-data dilapangan, hasil perlombaan sementara yang dicatat panitia penyelenggara mulai dari pembukaan hingga hari ini diantaranya adalah nilai rata-rata Teori Lintas Medan 945,7, nilai rata-rata Lintas Medan 0:38’ 38” dan nilai rata-rata Menembak Senapan 258,800. (Pendam16)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando