Home » » Komandan Kodikdukum Kodiklatal Buka Orientasi Siswa Dikmata Dukungan Umum

Komandan Kodikdukum Kodiklatal Buka Orientasi Siswa Dikmata Dukungan Umum

Written By portal komando on 8 Mar 2018 | 4:28 PM



Kodiklatal, (8/3) Cepat, tepat dan tanggap terhadap situasi dan medan yang baru, merupakan salah satu doktrin militer yang diajarkan pada prajuritnya, demikian halnya Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) yang menggelar masa Orientasi bagi 99 siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Diktmata) TNI AL angkatan ke-37 Gelombang 2 kejuruan Dukungan Umum.

Pembukaan orientasi siswa Tamtama yang baru saja menyelesaikan Pendidikan Dasar Keprajuritan (Diksarit) di Puslatdiksarmil, Juanda tersebut, dipimpin langsung Komandan Kodikdukum Kodiklatal Kolonel Laut (T) Toto Dwijaya Saputra, S.T., M.T., M.Si (Han) di lapangan Apel Kodikdukum, Kesatrian Bumimoro Kodiklatal.

Dari 99 orang siswa yang menjalani orientasi tersebut, 69 orang diantaranya adalah siswa Pusdik Teknik yang terdiri dari kejuruan Mesin 31 orang dan Angkutan 38 orang. Pusdik Elektronika 15 siswa kejuruan Elektonik Radar (ERA) dan Pusdik Bantuan Administrasi 15 orang kejuruan Tata Graha.

Mengawali sambutannya Dankodikdukum Kolonel Laut (T) Toto Dwijaya Saputra, S.T., M.T., M.Si. (Han) memberikan ucapan selamat datang di Kodikdukum Kodiklatal Bumimoro kepada para siswa yang baru saja menyelesaikan pendidikan tahap dasar militer di Puslatdiksarmil untuk pembentukan mental, sikap dan disiplin prajurit.

Menurutnya, pendidikan dasar kemiliteran yang telah dilewati sangat besar artinya bagi para siswa dalam mengikuti pendidikan di kejuruan, karena dengan kondisi fisik yang sehat serta mental yang kuat dan sikap militer maka dapat menyelesaikan pendidikan selanjutnya dengan baik.

Lebih lanjut disampaikan, agar para siswa selalu menghayati dan melaksanakan Sapta Marga, Sumpah Prajurit Trisila TNI AL dan Delapan Wajib TNI. Ketentuan tersebut harus dijadikan sebagai pedoman dalam bersikap dan bertingkah laku, baik dalam kedinasan maupun dalam kehidupan sehari-hari dimanapun berada.

Kepada para siswa Komandan Kodikdukum memerintahkan agar setiap siswa menghindari perbuatan-perbuatan yang justru akan merugikan para siswa, seperti melakukan pelanggaran disiplin bahkan melakukan tindak pidana seperti perjudian, pencurian, penipuan, pemakaian Narkoba dan tindak asusila. “Selama mengikuti pendidikan siswa harus menjaga sikap dan mental sebagai seorang prajurit, harus mampu mengendalikan diri dengan selalu meningkatkan iman dan ketaqwaan untuk mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa,” tegas Pamen melati tiga dipundak tersebut
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando