Home » , » Lanud Ats Melakukan Bakti Sosial Operasi Katarak

Lanud Ats Melakukan Bakti Sosial Operasi Katarak

Written By portal komando on 15 Mar 2018 | 2:22 PM


Bogor,PK-Dalam rangka Bulan Dirgantara tahun 2018, Lanud Atang Sendjaja bekerjasama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) dan Bank BCA Pusat, menyelenggarakan bakti sosial kesehatan berupa operasi Katarak, bertempat di ruang operasi Rumah Sakit dr. M. Hassan Toto, pada hari ini, Rabu (14/3). 
 
Rilis yang di terima menyebutkan, Kepala Rumah Sakit dr. M. Hassan Toto, yang juga Ketua Panitia Bakti Sosial, dr. Ngudiarto, SpPD., dalam laporannya mengatakan bahwa jumlah penderita katarak yang mendaftar sebanyak 105 orang. “Ada 105 yang mendaftar, tetapi yang akan dioperasi adalah 85 orang”, jelas dr. Ngudiarto, SpPD. “Sehari sebelum operasi, kami telah melakukan pemeriksaan dan pengecekan gula, tensi, dan beberapa faktor kesehatan lainnya yang mempengaruhi. Dan yang memenuhi syarat untuk dioperasi adalah 85 orang”, jelasnya. 

Ibu Sintya, dari bank BCA Cabang Bogor yang mewakili bank BCA Pusat mengatakan bahwa katarak merupakan penyakit mata yang dapat menimpa setiap orang, baik yang usia lanjut maupun yang masih usia produktif. “Upaya pemberantasan katarak di Indenoseia disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan mata yang masih terbatas”, papar ibu Sintya. “Lokasi tempat tinggal yang jauh, lanjutnya, dan kesulitan terhadap pembiayaan pengobatan yang tinggi, adalah kendala lainnya. Untuk itu, kami bekerjasama dengan Perdami untuk dapat membantu masyarakat mendapatkan akses yang mudah dan terjangkau. Karena itu, kami sangat menyambut baik apa yang dilakukan oleh Lanud Ats melalui baksos operasi katarak ini sehingga dapat menekan angka kebutaan yang diakibatkan oleh katarak”.

Pada kesempatan yang sama, Pengurus PERDAMI yang diwakili oleh dr. Sita Parameta Ayuningtyas, mengatakan bahwa tingginya angka kebutaan di Indonesia salah satu penyebabnya adalah katarak. “Ada 1,9% masalah kesehatan mata termasuk katarak yang ada di Indonesia. Dan untuk data terbaru tahun 2014-2016, dari keseluruhan tingkat propinsi, Jawa Barat sendiri 2,8% penderita penyakit mata. Dan dari 2,8% tersebut, 1% nya adalah penyakit katarak”, jelasnya. 

Lebih lanjut dikatakan oleh dr. Sita Parameta Ayuningtyas bahwa tingginya angka kebutaan yang disebabkan oleh katarak, membutuhkan perhatian dan penangan yang serius. “PERDAMI tidak akan bisa menangangi ini sendiri, karena itu sangat dibutuhkan keterlibatan dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, BUMN maupun pihak swasta, untuk bersama-sama memberantas kebutaan yang diakibatkan oleh katarak”, ujarnya. 

Komandan Lanud Ats, Marsma TNI Irwan Is. Dunggio, S.Sos., dalam sambutannya ketika membuka pelaksanaan baksos operasi katarak mengatakan bahwa mata adalah salah satu organ tubuh yang paling penting karena fungsinya untuk melihat, dan jika mata menga-lami masalah seperti katarak, tentu akan sangat mengganggu penglihatan. “Oleh sebab itu, dalam rangka Bulan Dirgantara bertepatan dengan HUT TNI Angkatan Udara ke 72 tahun 2018, Lanud Atang Sendjaja melaksanakan bakti sosial kesehatan melalui operasi katarak”, ungkap Danlanud Ats. 
 
Lebih lanjut dijelaskannya bahwa hal ini dilakukan sebagai wujud kepedulian Lanud Ats terhadap kondisi kesehatan masyarakat khususnya yang mengalami masalah pada mata (penyakit katarak), dengan tujuan membantu masyarakat agar terhindar dari dampak yang lebih besar (kebutaan) akibat katarak yang dialami. “TNI khususnya TNI Angkatan Udara adalah bagian dari rakyat, dan karena itu akan selalu bersama-sama dengan rakyat dan terus membantu masyarakat, sesuai dengan salah satu tugas TNI AU yaitu melaksanakan operasi militer selain perang (OMSP)”, jelas Marsma TNI Irwan Is. Dunggio, S.Sos.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Danlanud Ats mengucapkan terima kasih atas peran serta setiap pihak pada pelaksanaan baksos operasi katarak Lanud Ats. “Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada PERDAMI dan pihak bank BCA pusat dan Cabang Bogor, yang telah ikut bekerjasama memberikan dukungan sehingga operasi katarak dalam rangka bakti sosial Lanud Ats dapat terlaksana. Juga terima kasih kepada semua pihak terutama masyarakat penderita katarak yang telah hadir untuk menjalani pengobatan katarak melalui operasi katarak”, pungkasnya.

Hadir dalam pelaksanaan basos operasi katarak, Danwing 4 Lanud Ats, Kolonel Pnb Bambang Juniar D, S.Sos, Para Kepala Dinas dan Komandan Satuan Lanud, Katua PIA AG Cabang 3/Daerah I Lanud Ats, Ny. Wita Irwan Is. Dunggio beserta Pengurus PIA AG Lanud Ats, serta tamu undangan lainnya.

Keterangan gambar: 1. Komandan Lanud Ats, Marsma TNI Irwan Is. Dunggio, S.Sos., ketika membuka pelaksanaan bakti sosial operasi katarak. 2. Foto bersama Danlanud Ats, Ketua PIA AG Cab.3/Daerah I Lanud Ats, Ny. Wita Irwan Is. Dunggio, dengan para pejabat Lanud Ats, perwakilan dari Perdami dan Bank BCA serta pasien yang akan operasi katarak. 3. Pelaksanaan operasi katarak di ruang operasi dr. M. Hassan Toto Lanud Ats, Rabu (14/3) (Photo: Pentak Lanud Ats)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando