Home » , » Penemuan Gua Bawah Laut P. Salah Namo Kab. Batu Bara

Penemuan Gua Bawah Laut P. Salah Namo Kab. Batu Bara

Written By portal komando on 20 Mar 2018 | 8:26 PM


PK,.JAKARTA,.Sabtu 17 maret 2018, Dalam sebuah operasi patroli rutin yang digelar Lanal Tanjungbalai Asahan. Dimana saat itu Danlanal TBA yang on board di Patkamla Sea Rider sedang beristirahat berlabuh di P. Salah Namo.  

Komandan Lanal TBA Letkol Laut (P) Yudo Ponco Ari adalah Perwira Menengah TNI AL yang berkualifikasi Komando Pasukan Katak. 

Kecintaannya pada alam bawah laut membuatnya selalu ingin menjelajahi setiap wilayah perairan baru yang di singgahi. 

Sore itu Danlanal TBA memilih menyelami sisi timur P. Salah Namo bersama Kpt (S) Aris Munandar. Pertimbangannya, sepanjang sisi selatan pulau sudah semua di jelajahi baik penyelaman di siang ataupun di malam hari. Sedangkan sisi utara adalah karang dengan hempasan gelombang dari selat Malaka.Arus yang cenderung dari barat membuat sisi timur relatif tenang dan visibility lebih baik. 

Danlanal entry dari perahu karet ke laut kemudian merayapi dinding karang dibawah bukit pulau Salah Namo. Pada kedalaman 5 meter ditemukan sebuah  lubang diameter kurang lebih 80 cm. Setelah di sinari dengan senter bawah air, dinding ujungnya tidak terlihat.

Penyelaman berikutnya Danlanal mencoba masuk dengan cara mundur. Hingga sejauh 5 meter belum juga ditemukan ujungnya. Hanya terlihat lubang yang membesar di bagian yang semakin ke dalam.

Selanjutnya Danlanal memutuskan untuk masuk dengan cara maju. Setelah menempuh jarak kurang lebih 10 meter terdapat sebuah ruangan yang lebarnya 3 meter dengan tinggi 80 cm. 

Pada ruangan ini dasar nya dipenuhi dengan bebatuan bulat yang bukan merupakan batu karang. Rasa air masih ain namun suhunya lebih hangat tapi tidak panas, jadi tidak terkoneksi dengan sumber panas bumi. Ditempat inilah ujung gua bawah laut tersebut juga sebagai posisi untuk memutar badan penyelam saat akan menuju keluar.

"Harapan saya, gua ini bisa menjadi destinasi wisata penyelaman di Kabupaten Batu Bara. Para Diver yang tertarik menjelajahi gua bawah laut ini agar menghubungi Jala Bhakti Dive Center Lanal Tanjungbalai Asahan", Ujar Danlanal Tanjungbalai Asahan.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando