Home » » Pupuk Nasionalisme Generasi Bangsa, Babinsa Koramil Benowo Latih Disiplin Pramuka

Pupuk Nasionalisme Generasi Bangsa, Babinsa Koramil Benowo Latih Disiplin Pramuka

Written By portal komando on 2 Mar 2018 | 3:40 PM


Surabaya,- Pramuka sebagai kegiatan ekstrakulikuler di sekolah tentunya tidak asing lagi bagi hampir semua orang namun sebagian orang masih beranggapan bahwa pramuka itu hanya kegiatan bermain, sorak sorai tepuk tangan, baris berbaris, tali temali. Padahal pramuka itu bersifat fleksibel dalam arti dapat berkembang mengikuti jaman.

Dengan kegiatan kepramukaan sebuah generasi muda dapat ditingkatkan kualitasnya. Seperti yang disampaikan Babinsa Koramil 0830/06 Benowo Serda Agus Rianto ketika sedang memberikan arahan sekitar 100 orang Pramuka Tingkat SLTP Kecamatan Benowo di Lapangan Kecamatan Tandes Kota Surabaya dalam rangka pembekalan baris-berbaris dan materi wawasan kebangsaan. Jumat (2/3/18)

Di sela-sela kegiatan tersebut, Danramil 0830/06 Benowo Mayor Arm Sugianta menyampaikan beberapa manfaat kegiatan pramuka bagi generasi muda sangat banyak diantaranya melatih Kemandirian. Misalkan suatu saat kita mengalami kecelakaan di tempat terpencil jauh dari pemukiman, pramuka mengajarkan P3K, tali temali, dsb hingga pencegahan dan penanggulangan bencana alam, disamping itu juga untuk menjalin silaturahmi serta kita mendapat keluarga baru. Tidak hanya di sekolah, di kota, di Indonesia, bahkan di duniapun berkat “pramuka”, orang sedunia bisa bertemu seperti Jambore Internasional Dunia. 

Inilah hakikat dari Persatuan dan Kesatuan yang harus ditanamkan kepada para generasi muda saat ini ditengah terpaan badai bahaya Miras, Narkoba, dan Pergaulan bebas yang mampu menghancurkan integritas bangsa. Selain itu dalam kepramukaan juga diajarkan untuk lebih mencintai Lingkungan. Dalam pramuka mengajarkan tentang lingkungan alam beserta pelestariannya, mengenal flora dan fauna. Lewat penjelejahan alam bebas pramuka diajarkan untuk lebih akrab dengan alam.

Dan yang tak kalah pentingnya dalam pelatihan pramuka juga diajarkan Leadership. Melalui pramuka diajarkan jiwa kepemimpinan, disiplin, kemandirian, kejujuran, tanggungjawab, pantang menyerah, serta mampu menjawab semua masalah dan mengatasinya,” jelas Danramil 0830/06 Benowo Mayor Arm Sugianta.

Masih banyak lagi manfaat kegiatan pramuka. Tentunya pihak sekolah dalam hal ini harus berperan aktif mengajak siswanya untuk mengikuti kegiatan ektrakulikuler pramuka. “Dan satu hal lagi bahwa pramuka bersifat fleksibel, diperlukan kakak-kakak pembina yang handal dan cerdas agar kegiatan pramuka tidak monoton”, pungkas Dandim 0830/Surabaya Utara Letkol Inf Wing Sandya Udayanto,SE.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando