Home » , » TNI AL Siapkan Perwira Handal Perencana Latihan Operasi Gabungan

TNI AL Siapkan Perwira Handal Perencana Latihan Operasi Gabungan

Written By portal komando on 22 Mar 2018 | 3:12 PM



Kodiklatal, 22 Maret 2018,-- Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Kodiklatal) Laksda TNI Darwanto, S.H., M.A.P. mewakili Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P. secara resmi membuka latihan penyusunan naskan latihan di Gedung Belatrix Pusdiklapa Kodiklatal, Bumimoro, Surabaya (22/3).

Latihan yang akan berlangsung dari tanggal 22-29 Maret 2018 tersebut, diikuti oleh 40 pamen TNI AL dari berbagai Kotama, seperti Kodiklatal, Koarmatim, Koarmabar, Kolinlamil, Kormar, Puspenerbal, dan Seskoal. Bertindak sebagai Dirlat adalah Komandan Kodiklatal Laksda TNI Darwanto, S.H., M.A.P. sedangkan Dirdiklat Kodiklatal Kolonel Laut (P) Deny Septiana. S.Ip., M.A., bertindak sebagai Wadirlat.

Tema latihan kali ini adalah “TNI AL melaksanakan Latihan Penyusunan Naskah Latihan T.A. 2018 di Kodiklatal dalam rangka mendukung tugas TNI AL”. Sedangkan tujuan latihan adalah meningkatkan pemahaman dan kemampuan personel dalam menyusun naskah latihan yang meliputi Rencana Garis Besar (RGB), Buku I, Buku IIA dan Buku IIB sebagai pedoman bagi penyelenggaraan, pelaku dan komando latihan.

Dalam sambutannya, Kasal mengatakan bahwa selaku Kotama pembina, Kodiklatal memiliki tugas pokok menyelenggarakan pembinaan doktrin dan organisasi satuan jajaran TNI AL, pembinaan pendidikan dan latihan TNI AL dalam rangka mendukung tugas TNI AL.

Latihan ini, lanjutnya, merupakan wujud dari pembinaan kemampuan yang dilaksanakan oleh jajaran Kodiklatal untuk mendukung perencanaan latihan dalam skala besar yaitu latihan gabungan TNI. “Salah satu aspek dari perencanaan latihan itu adalah penyusunan naskah latihan meliputi Buku I, Buku IIA dan Buku IIB,” ujarnya.

Menurut Kasal, sebagai seorang perwira TNI AL, kita harus memiliki kemampuan yang handal dalam menyiapkan suatu latihan operasi gabungan mulai dari tahap perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan pengakhiran. “Oleh karena itu, untuk mewujudkannya maka latihan ini merupakan jawaban yang tepat,” ujarnya.

Latihan ini merupakan media untuk mengukur kemampuan, membekali dan mempersiapkan perwira TNI AL agar dapat menghadapi tugas-tugas kedepan untuk berperan sebagai kelompok perancang latihan dan staf latihan pada latihan operasi gabungan TNI.

Melalui latihan ini, Kasal berharap agar kemampuan dan profesionalitas perwira TNI AL akan meningkat sehingga mampu merencanakan dan menggelar latihan dalam berbagai skala yang pada akhirnya akan bermuara pada keberhasilan tugas operasi TNI AL. Hadir pada acara pembukaan tersebut, KS Armatim Laksma TNI Sudihartawan, S.Pi, M.M., Wadan Kodiklatal Laksma TNI Sugeng Ing Kaweruh, S.E., M.A.P., Komandan Puspenerbal Laksma TNI Dwika Tjahya Setiawan, para Direktur di lingkungan Kodiklatal serta para pejabat dari Kotama-kotama TNI AL.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando