Home » » Dandim 0824 Buka Lomba Pramuka Sakawira Kartika

Dandim 0824 Buka Lomba Pramuka Sakawira Kartika

Written By portal komando on 14 Apr 2018 | 6:20 PM


Jember. Bertempat di Bumi Perkemahan Satya Cadika Kelurahan Sempusari Kec Kaliwates Kabupaten Jember pada Sabtu 14/04/2018 Pukul 09.00 Wib dilaksanakan Upacara Pembukaan Lomba Pramuka Sakawira Kartika Jajaran Kodim 0824 Jember.

Hadir pada kesempatan tersebut dan bertindak sebagai Inspektur Upacara Komandan Kodim 0824 yang sekaligus sebagai Ketua Markas Pembina (Kamabi) Pramuka Sakawira Kartika Kodim 0824 Letkol Inf Arif Munawar, dan sebagai tamu undangan diantaranya Kepala Staf Kodim 0824 (Kasdim 0824) Mayor Inf Sampak, mewakili Ketua Kwarcab Jember Ahmad Nawawi, bersama para Danramil Jajaran Kodim 0824 Jember selaku Ketua Pembina Ranting.

Dalam sambutannya maupun wawancaranya Komandan Kodim 0824 Letkol Inf Arif Munawar menegaskan bahwa keberadaan Pramuka Saka Wira Pramuka ini merupakan wujud peran serta TNI melalui Kodim beserta jajarannya untuk membina generasi muda melalui kegiatan Pramuka.

Dengan diadakannya lomba ini diharapkan kemampuan dan ketrampilan yang didapat dari latihan di rantingnya masing-masing selama ini dapat dievaluasi dan dapat diukur secara kompetitif sehingga adik-adik yang tergabung dalam Pramuka Saka Wira Kartika ini benar-benar memiliki bekal sikap, mental dan ketrampilan yang mumpuni sebagai generasi Bangsa Indonesia. Kata Letkol Inf Arif Munawar.

Dengan tantangan global modernisasi tehnologi khususnya informasi saat ini hendaknya melalui kegiatan kepramukaan semacam ini semakin digiatkan disamping memberikan pembekalan ketrampilan juga diharpkan mampu menjadi filter ditengan derasnya pengaruh gobal saat ini sehingga adik-adik kita sebgai generasi penerus bangsa tidak terperosok pada kegiatan negatif yang merugikan dirinya, keluarga bahkan Bangsa Indonesia. Tegas Letkol Inf Arif Munawar.

Menurut laporannya Perwira Seksi Teritorial yang membawahi Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0824 peserta yang terdaftar berjumlah 432 orang anak, pendukung 46 orang dengan berbagai materi yang dilombakan diantaranya Lomba Kebersihan, Kerapian Tenda Putr dan Putri, Lomba Pioner putra-putri, Lomba Navigasi Darat putra-putri, Lomba Yel-yel.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada Hari Sabtu-Minggu 14-15 April 2018 bermalam dengan tenda-tenda perkemahan masing-masing dengan berbagai kegiatan ke pramukaan yang telah disusun oleh panitia.

Selanjutnya menurut Amanda Putri dari Pramuka Saka Wira Kartika Ranting Arjasa yang bersekolah di SMA Negeri Arjasa menyatakan bahwa mengikuti kegiatan Pramuka Saka Wira Kartika ini banyak manfaat yang didapat diantaranya kedisiplinan dan wawasan kebangsaan sehingga kita mengerti dan memahami bagaimana mempertahankan NKRI.

Selanjutnya saat ditanyakan apa pendapatnya terhadap generasi muda saat ini yang banyak terpengaruh oleh narkoba dan lain-lain, Amanda Putri menyampaikan sebagai generasi muda kita harus melkukan kegiatan-kegiatan positif seperti Pramuka ini, jangan sampai melakukan kegiatan-kegiatan negatif yang sangat merugikan diri kita sebagai generasi bangsa. (sis24)

Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando