Home » , » Danlanal Yogyakarta, Instruksikan Peringatan Isra Miraj 1439 H Dan Perayaan Paskah 2018 Digelar Bersamaan

Danlanal Yogyakarta, Instruksikan Peringatan Isra Miraj 1439 H Dan Perayaan Paskah 2018 Digelar Bersamaan

Written By portal komando on 20 Apr 2018 | 7:47 PM


Lantamal V (20/4),--- Dalam upaya pembinaan personel, khususnya untuk memantapkan kadar keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME serta sebagai bentuk aktualisasi toleransi umat beragama, prajurit dan PNS Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta menggelar dua peringatan hari besar agama Islam dan Nasrani secara bersamaan pada Kamis (19/4).

Hal tersebut sesuai instruksi dari Komandan Lanal (Danlanal) Yogyakarta, Kolonel Laut (P) Arya Delano, S.E, M.Pd pada saat rapat staf minggu pertama bulan April 2018, adapun gelar peringatan dua hari besar agama tersebut yakni Peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1439 H bagi prajurit dan PNS beragama Islam bertempat di Aula Mako Lanal Yogyakarta Jl. Melati Wetan 61 Baciro Yogyakarya dan untuk Perayaan Paskah Tahun 2018 bagi prajurit dan PNS beragama Nasrani dilaksanakan bertempat di rumah kediaman Pelda (purn) Subagyo, beralamat di Winosari Kab. Gunung Kidul Yogyakarta.

Peringatan Isra Miraj kali ini dengan tema "Jadikan Peringatan Isra Miraj Sebagai Sarana Pemantapan Iman dan Taqwa Prajurit TNI Yang Berjiwa Ksatria, Militan, Loyal, Profesional, Modern dan Manunggal Dengan Rakyat" dengan menghadirkan Ustad dari Kec. Imogiri Kab. Bantul, H. Hardiman, S. Ag menyampaikan tausiah tentang makna peristiwa Isra Miraj Nabi Muhammad SAW merupakan salah satu peristiwa penting dalam Islam, karena turunnya perintah Alloh SWT unk melaksanakan shalat wajib 5 waktu, dalam peristiwa Isra Miraj tersebut juga diperlihatkan kehidupan surga dan neraka sebagai ganjaran sesuai amal perbuatan manusia semasa hidup di dunia.

Sebagai sambutan peringatan Isra Miraj dari Danlanal Yogyakarta yang dibacakan Perwira Pelaksana (Palaksa) Lanal Yogyakarta, Letkol Laut (P) R.Haryo Wiji Pratomo, S.H, M. Mar. Stud disampaikan bahwa nilai ibadah sholat telah mengilhami kita sekalian untuk selalu bersikap disiplin, jujur dan mempunyai semangat pengabdian prajurit dan PNS baik kepada agama, bangsa dan negara Indonesia.

Adapun pada perayaan Paskah Tahun 2018 tidak dilaksanakan seperti tahun sebelumnya bertempat di Lanal Yogyakarta namun dilaksanakan disalah satu rumah keluarga besar Lanal Yogyakarta yang telah pensiun atau purna tugas, hal tersebut dimaksudkan untuk memperat tali persaudaraan diantara prajurit dan PNS yang beragama Nasrani baik yang masih aktif maupun pensiun, hal ini juga selain diikuti prajurit dan PNS Lanal Yogyakarta juga diikuti segenap keluarga baik yang masih aktif dan pensiun dengan menghadirkan Pendeta Dwi Wahyu Prasetya dari Gereja Kristen Jawa (GKJ) Wonosari Gunung Kidul.

Pada perayaan Paskah Tahun 2018 mengangkat tema "Sengsara, Wafat dan Kebangkitan Yesus Kristus Menjadi Sumber Motivasi Bagi Prajurit dan PNS Lanal Yogyakarta Dalam Membangun Jiwa Ksatria, Militan, Loyal, Profesional, Modern dan Kemanunggalan Dengan Rakyat Untuk Melaksanakan Tugas Pokok".

Senada dengan itu, Danlanal Yogyakarta menyampaikan beberapa pesan kepada Umat Kristiani Lanal Yogyakarta bahwa moment perayaan Paskah Tahun 2018 Lanal Yogyakarta dapat dijadikan sebagai wahana untuk meningkatkan kesadaran dan penghayatan secara sungguh-sungguh pada ajaran agama Nasrani sehingga menciptakan pribadi prajurit yang unggul secara moral dan dapat tercermin sikap dan perilaku dalam pelaksanaan tugas kedinasan maupun dalam kehidupan sehari hari.

Perayaan Paskah juga diisi dengan kegiatan pemberian tali asih kepada prajurit dan PNS Lanal Yogyakarta beragama Nasrani yang telah pensiun yaitu kepada Kapten (purn) Atris Makasar, Peltu (purn) Suhirta, Pelda (purn) Subagyo, Pelda (purn) Haryono, Pelda (purn) Sukirman, Pelda (mpp) Sutanta serta PNS purna tugas Samuji.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando