Home » , » Hari Bumi, Satgas Pamtas Yonif R 323/BP Kostrad Bersama Masyarakat Panen Raya Di Perbatasan

Hari Bumi, Satgas Pamtas Yonif R 323/BP Kostrad Bersama Masyarakat Panen Raya Di Perbatasan

Written By portal komando on 22 Apr 2018 | 2:51 PM


Asiki, Kegiatan pembinaan teritorial dari Satgas Yonif Raider 323/BP Kostrad membuahkan hasil yang sangat bermanfaat bagi lingkungan. Selama tiga bulan Pos Kotis Satgas 323 melaksanakan pembimbingan tentang keahlian berkebun kepada masyarakat di wilayah Asiki dan sekitarnya.Tanaman jagung yang dinilai cocok dengan kondisi tanah yang ada di wilayah Asiki, meskipun harus dengan upaya yang keras untuk membuat tingkat kesuburan humus yang tinggi tidak menyurutkan semangat prajurit Buaya Putih dan masyarakat untuk melakukannya.


Rilis yang diterima melalui Perwira Staf Satgas menyebutkan hasil dari upaya tersebut dapat dituai pada hari ini, Minggu (22/4) pada saat pelaksanaan panen raya yang bertepatan dengan peringatan Hari Bumi Internasional. Masyarakat Asiki pun merasa senang dengan adanya panen raya tersebut. Karyo, seorang petani yang turut terlibat dalam kelompok tani bentukan Satgas 323 menuturkan dirinya merasa bangga kepada prajurit TNI yang bertugas di perbatasan karena disamping tugas menjaga kedaulatan wilayah negara masih sempat untuk melakukan pemberdayaan ekonomi mikro masyarakat khususnya dalam bidang pertanian. 
Selain tujuan memberdayakan ekonomi masyarakat, pembinaan kelompok tani ini juga bertujuan memanfaatkan lahan yang masih belum optimal diolah. "Saya bahagia dengan pembinaan kelompok tani dari Satgas 323, lahan kosong yang selama ini belukar bisa disulap menjadi ladang jagung yang bermanfaat" ujar Thomas Omba pemilik tanah dusun Prabu Asiki. Sementara, 
Dikatakan Danstgas, Letkol Inf. August Jovan Latuconsina menuturkan kegiatan panen raya ini merupakan sinergitas antara prajurit dengan masyarakat yang berhasil membuktikan kerja keras yang membuahkan hasil. Sejak tahap penanaman, perawatan, sampai dengan panen seluruhnya dikerjakan berkat sinergitas warga. "Ini adalah wujud keberhasilan pembinaan teritorial yang salah satunya adalah mewujudkan ketahanan pangan. Seperti apa yang dicanangkan oleh pemerintah pusat, Indonesia sebagai negara agraris yang produktif" imbuhnya. (AD)
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando