Home » , » Jelang IMF-WB Annual Meeting, Komandan Lanal Denpasar Ikuti Pelatihan TFG Di Kodam IX/Udayana

Jelang IMF-WB Annual Meeting, Komandan Lanal Denpasar Ikuti Pelatihan TFG Di Kodam IX/Udayana

Written By portal komando on 27 Apr 2018 | 10:25 AM



Lantamal V (27/4),--- Jelang IMF-WB Annual Meeting, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Denpasar Kolonel Laut (P) GB. Oka mengikuti pelatihan TFG (Tactical Floor Game) di Aula Udayana Makodam IX/Udayana kemarin.

Kegiatan ini digelar untuk menyamakan persepsi terkait kesiapan evakuasi apabila terjadi bencana alam saat berlangsungnya IMF-WB Annual Meeting pada bulan Oktober 2018 mendatang.

Turut hadir dalam giat tersebut Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri selaku pimpinan TFG, Wakapolda Bali Brigjen Pol. Drs. I Gede Alit Widana, Danlanud Ngurah Rai Kolonel Pnb. Wayan Superman, Karoops Polda Bali Kombes Pol. Drs. I Nyoman Sumanajaya, Kapolresta Denpasar Kombes Pol. Hadi Purnomo, S. H., M. H., seluruh peserta TFG dari TNI AD, AL, AU, Polda Bali, BNPB, Dishub Prov Bali, Basarnas, Angkasa Pura, dan Instansi terkait lainnya serta Tim Peninjau dari Propinsi Bali dan Kabupaten Badung.

Menurut Danlanal Denpasar, Pelatihan TFG ini sebagai bentuk simulasi dan pelatihan langsung seperti aslinya diatas peta disertai skenario kegiatan yang menggunakan peralatan miniatur dan selanjutnya diperagakan langsung oleh para petugas di lapangan.

Kegiatan ini diikuti anggota TNI, Polri, BNPB, BMKG, Dishub, ASDP dan Stake Holder lainnya dan dibuka langsung oleh Kasdam IX/Udayana, Brigjen TNI Kasuri di Aula Makodam IX/Udayana.

Dalam arahannya, Brigjen TNI Kasuri menyampaikan, pelatihan ini dilakukan untuk mengurangi hal-hal yang dapat menjadi kendala pada saat melaksanakan evakuasi para delegasi IMF-WB Annual Meeting apabila terjadi erupsi Gunung Agung, gempa bumi dan tsunami. Diharapkan proses evakuasi nantinya dapat berjalan dengan baik dan sesuai prosedur.

“Ini sangat penting untuk melatih dan meyakinkan semua pelaku lapangan sehingga mengetahui apa yang harus dilakukan dan kemana harus berhubungan terkait dengan tugas evakuasi bencana alam yang terjadi pada saat IMF-WB Annual Meeting,” kata jenderal bintang satu ini.

Kasdam IX/Udayana meminta kepada seluruh peserta agar melaksanakan kegiatan pelatihan dengan optimal dan menjadikan kegiatan ini sebagai forum koordinasi yang maksimal. “Mari kita laksanakan dengan semangat dan gembira serta laksanakan dengan sebaik-baiknya,” tegasnya.

Asops Kodam IX/Udayana, Kolonel Inf. Wawan Pujiatmoko selaku Dinamisator memimpin pelaksanaan TFG tersebut. Dalam pelaksanaannya, Dinamisator meminta kepada seluruh satuan tugas terdiri dari Subsatgas Laut, Subsatgas Udara, Polda Bali, Satgas Pam VVIP, Satgas Evakuasi Kodam V/Brawijaya, Subsatgas Medis, Subsatgas Komlek, Subsatgas Penerangan, Subsatgas Kominfo, Satgas PB Dam IX/Udayana, Subsatgas Banmin, Subsatgas Evakuasi, Subsatgas Pam Rute dan Subsatgas Walakir untuk memaparkan rencana kegiatan mulai dari H-3 pelaksanaan IMF-WB Annual Meeting 2018. 
 
Simulasi yang diikuti 120 peserta ini dilaksanakan sebanyak 3 sesi, sesi pertama disimulasikan evakuasi para delegasi IMF karena terjadinya erupsi meletusnya gunung Agung, sesi kedua simulasi evakuasi delegasi karena terjadinya gempa bumi dan sesi ketiga simulasi evakuasi delegasi karena bahaya Tsunami. Kegiatan diakhiri dengan evaluasi hasil dari pelaksanaan latihan TFG oleh Kasdam IX/Udayana dengan pokok pembahasan terkait bagaimana langkah-langkah dari masing-masing Sub Satgas Evakuasi Penanggulangan Bencana dan masing-masing satgas harus terkoneksi dengan sub satgas yang lain, serta manfaatkan waktu untuk mempelajari dari apa yang sudah dilaksanakan agar kesalahan pada hal-hal yang kecil dapat diatasi dan diselesaikan dengan baik.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 - All Rights Reserved
Created by Portal-Komando